Bergerak Dari Riau, Truk Bantuan Kemanusiaan Siap Menuju Sumbar.

Bergerak Dari Riau, Truk Bantuan Kemanusiaan Siap Menuju Sumbar.

PEKANBARU - Dompet Dhuafa Riau sebagai salah satu lembaga kemanusiaan terus berkomitmen untuk tetap aktif dalam misi-misi kemanusiaan, baik itu bencana alam, maupun peristiwa lainnya. Kita ketahui bersama, bahwa Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) saat ini tengah mengalami musibah banjir bandang (Galodoh) yang terjadi di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar pada Sabtu (11/5) yang lalu.

Sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab sebagai lembaga kemanusiaan, Dompet Dhuafa Riau menginisiasi untuk mengirimkan bantuan bagi masyarakat Sumatera Barat dengan misi Truk Kemanusiaan. Adapun bantuan ini merupakan bentuk kolaborasi dari seluruh stakeholder yang ada di Riau, baik itu masyarakat, komunitas, organisasi, lembaga, instansi dan lainnya.

Total ada 19 komunitas dan lembaga yabg turut bergabung, diantaranya adalah Komunitas Berbagi Berkah Tabungan Jannah, Dema Fekonsos UIN Suska Riau, Ilmu Pemerintahan UNRI, Home Cleaning Uda Boy, Pemuda Rumbai, Komahi UNRI, HMPS D3 Akuntansi UIN Suksa Riau, SCEI UIN Suska Riau, BKIM FEB UNRI, HIMMARI STEI Mahaputra Riau, HMPS IAT UIN Suska Riau, HMJ Ilmu Ekonomi UNRI, HMPS Pendidikan Bahasa Inggris UIN SUSKA RIAU, Ikatan Pelajaran Mahasiswa Kecamatan Seberida, S1 Manajemen UIN Suska Riau, Arvin Adventure, DDV Riau, MHC Dumai, Laznas PHR serta RA & MA Ash- Shobirin Tapung.

Bertempat di halaman kantor BPBD Provinsi Riau, seluruh pihak yang terlibat secara simbolis dilakukan pelepasan Truk Kemanusiaan ini pada Rabu (22/05). Pelepasan ini turut dihadiri oleh PJ Gubernur Riau yang diwakili oleh H. Zulkifli Syukur, MA, M,Si selaku Asisten 1 Sekda Provinsi Riau, Dr. Ir. H. Imron Rosyadi, ST, MH selaku Kabiro Kesra Pemerintah Provinsi Riau, M. Edy Afrizal, SE.MH selaku Kalaksa BPBD Provinsi Riau serta Hendi Mardika selaku pimpinan cabang Dompet Dhuafa Riau.

Dalam pidato sambutan PJ Gubernur Riau yang dibacakan oleh H. Zulkifli Sukur, MA, M.Si menyampaikan apresiasinya kepada Dompet Dhuafa Riau serta semua pihak yg terlibat, "Kami pemerintah provinsi Riau sangat mengapresiasi dengan apa yang telah dilakukan Dompet Dhuafa Riau serta semua pihak yang terlibat. Kita berharap semoga bantuan dari masyarakat Riau ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang tertimpa musibah," ujar H. Zulkifli Syukur.

Sementara itu pimpinan cabang Dompet Dhuafa Riau Hendi Mardika menjelaskan tentang misi kemanusiaan ini, "Bantuan ini adalah bentuk konkrit kepedulian dari kita masyarakat Riau. Alasan kami mengirimkan bantuan berupa sembako dan mengirimkan langsung dari Riau agar ekonomi masyarakat di Riau juga terbantu dengan berbelanja langsung di toko ritelnya," ujarnya.

Bantuan ini berupa kebutuhan pokok, hygiene kits dan juga bantuan lainnya yang di sesuaikan dengan kebutuhan yang ada di lapangan, sesuai informasi dari relawan yang ada di lokasi posko bencana.(sur)

Berita Lainnya

Index