Melalui Webinar, Kementerian Kominfo Edukasi Masyarakat Kuansing Tentang Literasi Digital

KUANSING - Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang paham akan Literasi Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan kegiatan Literasi Digital untuk mengedukasi dan mewujudkan masyarakat agar paham akan Literasi Digital lebih dalam dan menyikapi secara bijaksana dalam menggunakan digital platform di 77 Kota / Kabupaten area Sumatera II, mulai dari Aceh sampai Lampung dengan jumlah peserta sebanyak 600 orang di setiap kegiatan yang ditujukan kepada PNS, TNI/Polri, Orang Tua, Pelajar, Penggiat Usaha, Pendakwah dan sebagainya, Kamis 8 Juli 2021 di Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau.

4 kerangka digital yang diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Digital Skill, Digital Safety, Digital Ethic dan Digital Culture dimana masing masing kerangka mempunyai beragam tema.

Sebagai Keynote Speaker, Gubernur Provinsi Riau yaitu Drs. H. Syamsuar., M.Si., memberikan sambutan tujuan Literasi Digital agar masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital, bermanfaat dalam membangun daerahnya masing masing oleh putra putri daerah melalui digital platform. Presiden RI, Bapak Jokowi juga memberikan sambutan dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

ANDIKA PUTRA KENEDI, ST (Tokoh Pemuda Sakai Riau), pada sesi Budaya Digital. 

Andika memaparkan tema “MEMAHAMI BATASAN DALAM KEBEBASAN BEREKSPRESI DI DUNIA DIGITAL”. Dalam pemaparannya, Andika membahas kebebasan berpendapat merupakan kebebasan sosial yang mengacu pada sebuah hak untuk berbicara atau mengemukakan pendapat secara bebas, namun hal ini tidak termasuk dalam hal menyebarkan berita palsu, ujuran kebencian, dan berbagai informasi yang sifatnya merugikan orang, institusi, lembaga, badan hukun, dan Negara. Kebebasan berpendapat dinilai masih dapat ditolerir dari jerat hukum apabila menghormati etika, tidak memuat ujaran kebencian, serta tidak provokatif pada media sosial. 

Dilanjut dengan sesi Etika Digital, oleh ANDI MASLAN (Kaprodi Teknik Informatika Universitas Putera Batam). 

Andi mengangkat tema “MENGENAL BUDAYA INDONESIA MELALUI LITERASI DIGITAL.” Andi menjelaskan cara meningkatkan pengetahuan akan warisan budaya melalui literasi digital melalui, membuat konten digital berupa tulisan, video, dan gambar, membuat blog, serta menjadikan karya ilmiah. Salah satu contohnya, membuat blog tentang budaya di daerah sendiri seperti, blogger, wordpress, atau di platform seperti di Kompasiana. Dengan menulis dan berkarya di dunia digital, sejatinya kita telah meninggalkan legacy untuk anak dan cucu kita.

Sesi Kecakapan Digital, oleh OLEG SANCHABAKHTIAR (Creative Concept & Directur Expert Planet Design Indonesia). 

Oleg memberikan materi dengan tema “TIPS DAN TRICK BERINTERAKSI SECARA DIGITAL DENGAN MUDAH DAN AMAN”. Oleg membahas tips dan trick konten yang menarik dan punya nilai positif. Dengan cara, berkualitas isi dan kemasan sesuai marketnya, berkualitas mudah untuk ditemukan, berkualitas mudah untuk dibaca, berkualitas untuk bisa digunakan, dan berkualitas bagus akan selalu diingat. Tips dan trick membuat konten yang menarik untuk milenial dengan membuat konten orisinil, headline yang menarik, durasi yang cukup, dan tahu konten yang diminati milenial seperti, hiburan, liburan, serta inspirasi.

Narasumber terakhir pada sesi Keamanan Digital, oleh AKBAR RIANDI (Relawan TIK). 

Akbar mengangkat tema “TIPS DAN TRIK MENJAGA KEAMANAN PRIVASI SECARA DIGITAL”. Akbar menjelaskan privasi merupakan hak individu untuk menentukan apakah data pribadi akan dikomunikasikan atau tidak kepada pihak lain. Beberapa prinsip data privasi harus dilindungi diantaranya, melindungi keamanan data pribadi dari pengaksesan yang tidak sah, menjamin hak pemilik data pribadi, serta dilakukan secara bertanggung jawab dengan memenuhi pelaksanaan prinsip perlindungan data pribadi. Tips aman untuk gunakan media sosial diantaranya, tidak umbar data pribadi, gunakan password yang kuat, aktifkan 2FA, waspada phishing, dan jika menemukan konten negatif harap dilaporkan.

Webinar diakhiri oleh, Michelle Wanda (Entertainer dan Influencer dengan Followers 46,7 ribu). Michelle menyimpulkan hasil dari webinar oleh para narasumber berupa, semakin mudah dengan berinternet, dapat berinteraksi, berteman, dan berdiskusi dengan berbagai daerah, berbagi hal yang positif di internet, serta lindungi keamanan data pribadi dengan tidak mengumbar data pribadi di media sosial.(rilis)
 






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar