Dalam Rangka Menurunkan Angka Stunting, TP PKK Kota Dumai Lakukan Penyuluhan di 4 Kelurahan

Dalam Rangka Menurunkan Angka Stunting, TP PKK Kota Dumai Lakukan Penyuluhan di 4 Kelurahan
Kegiatan TP PKK di Kelurahan Lokus, Dumai.

DUMAI - Ketua TP-PKK Kota Dumai Ibu Hj. Leni Ramaini, SKM, turut serta secara langsung dalam kegiatan pencanangan gerakan TP-PKK dalam rangka menurunkan Angka Stunting di Kelurahan Lokus Stunting Kota Dumai, Selasa (29/06).

Kegiatan diawali oleh sambutan ketua TP-PKK Kota Dumai Ibu Hj. Leni Ramaini, SKM, mengatakan bahwa kegiatan hari ini adalah lanjutan dari kegiatan pada Hari senin (28/06), dimana kegiatan pencanangan gerakan TP-PKK dalam menurunkan angka stunting melalui kampanye nasional stunting dan perubahan perilaku bekerjasama dengan Dinas kesehatan dan Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Dumai terhadap 4 Kelurahan yaitu: Kelurahan Lubuk Gaung, Kelurahan Bagan Keladi, Kelurahan Purnama dan Simpang Tetap Darul Ichsan.

"Saya berharap PKK Kecamatan dan PKK Kelurahan tetap aktif dalam melakukan penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat melalui kegiatan di Posyandu dan Dasawisma guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat dalam pencegahan stunting," ujarnya.

Mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh TP-PKK, dapat memberikan dampak penurunan angka stunting di lingkungan masyarakat sehingga terwujudnya masyarakat sehat dan sejahtera.

Kegiatan ini berupa Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa bubur kacang hijau bagi Balita, susu formula bagi Ibu hamil, pemberian tablet tambah darah bagi remaja, serta penyuluhan pencegahan stunting oleh TP-PKK Kecamatan.

Penurunan stunting menitikberatkan pada penanganan penyebab masalah gizi, yaitu faktor yang berhubungan dengan ketahanan pangan khususnya akses terhadap pangan bergizi (makanan), lingkungan sosial yang terkait dengan praktik pemberian makanan bayi dan anak (pengasuhan), akses terhadap pelayanan kesehatan untuk pencegahan dan pengobatan (kesehatan), serta kesehatan lingkungan yang meliputi tersedianya sarana air bersih dan sanitasi (lingkungan).

Selanjutnya, dalam kegiatan ini juga dilakukan kegiatan pemberian stimulan jamban, guna peningkatan sanitasi di lingkungan lokus stanting yang diserahkan langsung oleh Ketua TP-PKK Kota Dumai Hj Leni Ramaini.

Turut hadir Wakil Ketua TP-PKK Kota Dumai Martini Amris, plt. Kepala Dinas Kesehatan dr. Syaiful, plt. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Mukhlis, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Shintia Riza, Sekretaris Camat Sungai Sembilan, Sekretaris Camat Dumai Barat beserta Lurah dan Humas PT. IVO MAS Kota Dumai.

#Dumai

Index

Berita Lainnya

Index