Semangat HANI 2021, BNN dan Forkopimda Kota Dumai Siap Untuk Wujudkan Indonesia Bersinar

Semangat HANI 2021, BNN dan Forkopimda Kota Dumai Siap Untuk Wujudkan Indonesia Bersinar
BNN Dumai dan Forkopimda Dumai serta pegiat anti narkotika ikuti acara peringatan HANI secara virtual di Balai Sri Tanjung, Dumai.

DUMAI - Wali Kota Dumai dalam hal ini diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Dumai, Muhammad Syafie, S.Sos, M.Si menghadiri acara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2021, bertempat di Balai Sri Bunga Tanjung, Senin (28/06/2021).

Peringatan HANI 2021 ditaja oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) RI dilaksanakan di Balai Besar Rehabilitasi BNN Lido Kabupaten Bogor.

Adapun tema HANI 2021 yaitu “Perang Melawan Narkoba (War On Drugs) di Era Pandemi Covid 19 Menuju Indonesia Bersih Narkoba (BERSINAR)", secara resmi dibuka oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Istana Negara, Jakarta secara virtual.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota, Forkopimda se Indonesia, dan Seluruh BNN Provinsi dan BNN Kabupaten/Kota se Indonesia.

Peringatan HANI 2021 diawali dengan Laporan Kepala BNN, Petrus Reinhard Golose. Beliau menyampaikan bahwa upaya penanggulangan narkoba harus dilakukan secara holistik baik dengan hard power melalui pemberantasan dan soft power melalui pencegahan, pemberdayaan masyarakat dan rehabilitasi, serta smart power melalui pengembangan teknologi informasi.

Wakil Presiden RI pada kesempatan ini memberikan sambutan dirangkai dengan Pencanangan Indonesia Bersinar.

Dalam sambutan Wakil Presiden RI, K.H. Ma'ruf Amin mengutarakan bahwa dalam rangka perang melawan narkoba, arah kebijakan yang diambil adalah Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang profesional, peningkatan lembaga rehabilitasi, pemberdayaan ketahanan masyarakat terhadap kejahatan narkotika, dan peningkatan sinergitas dengan pemangku kepentingan di level nasional, regional dan internasional.

Sejumlah program baik dari sisi pencegahan seperti Desa Bersinar dan langkah pemberantasan seperti interdiksi terpadu merupakan wujud implementasi dari P4GN.

"Semoga melalui program Desa Bersinar yang ada di sejumlah daerah, upaya negara ini untuk menyelamatkan generasi muda dari penggunaan narkoba bisa benar-benar terwujud," ucapnya.

Di akhir acara HANI di Lido, BNN memberikan penghargaan kepada pegiat anti narkoba karena telah melakukan upaya P4GN. Selain itu juga ada pemusnahan barang bukti narkoba.

#Dumai

Index

Berita Lainnya

Index