Tabur 120 Ribu Benih Ikan di Sungai Kuantan, Wabup Kuansing Apresiasi Diskan Riau

 

KUANSING - Wakil Bupati Kuansing, Drs. H. Suhardiman Amby, Ak., M.M. mengapresiasi perhatian dan langkah cepat Dinas Perikanan dan Kelautan Riau. Hal itu ditegaskan Wabup saat melepas 120 ribu benih ikan baung di tepian Kecamatan Gunung Toar, bersama Kadis Perikanan dan Kelautan Riau, Ir. Herman Muhamad serta Plt Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kuansing, Zapnil Helmi, Selasa (21/06/2021) siang.

Suhardiman mengatakan bahwa 120 ribu benih ikan baung ini jika hidup semua bukanlah jumlah yang sedikit. Oleh karena itu, Kuansing pantas berterimakasih pada Dinas Perikanan dan Kelautan Riau yang begitu peduli. 

"Nah, tugas kita terutama ninik mamak, alim ulama dan tokoh masyarakat serta para camat untuk menjaga lingkungan Sungai Kuantan agar streril dari upaya sekelompok kecil warga yang  menangkap ikan dengan cara yang tidak benar, seperti sentrum, putas dan pukat berukuran kecil yang bisa mengancam benih ikan ini," ucapnya.

Wabup juga meminta seluruh elemen masyarakat agar 3 bulan ke depan dapat menjaga sepanjang aliran sungai ini.
 
"Agar ikan bisa tumbuh besar dan bermanfaat bagi masyarakat kita yang berprofesi sebagai nelayan," tambahnya.

Sementara Kadis Perikanan Riau, Ir. Herman Muhammad bersama jajarannya menjelaskan, lokasi penebaran benih ikan di Kuansing sesuai arahan Wabup dibagi menjadi 4 titik di antaranya, Sentajo Raya, Inuman, Kuantan Hilir dan Gunung Toar. Totalnya sebanyak 120 ribu ekor. 

"Sedangkan untuk Kecamatan Gunung Toar yang dilepas langsung oleh Wabup berjumlah 75 ribu ekor, dan di kecamatan lain dilakukan serentak oleh Sekda Dr. Agusmandar, S.Sos., M.Si didampingi beberapa Kepala Dinas," imbuhnya.

Kadis Perikanan tersebut mengapresiasi sambutan Pemkab Kuansing, terutama Wabup yang ternyata juga tahu banyak tentang varitas ikan sungai Kuantan. 

"Ke depan program ini akan terus berlanjut, sesuai ketersediaan anggaran," ucap Herman.

Turut hadir camat Gunung Toar, Polsek, Koramil, tokoh masyarakat, tokoh adat dan petugas penyuluh perikanan Gunung Toar.






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar