Hendry Endy : Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19 Bukan Partisipasi Tapi Kewajiban

Hendry Endy : Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19 Bukan Partisipasi Tapi Kewajiban
Humas PT SIR, Anggrian L Gaol menyerahkan Kado Naik Kelas Untuk Siswa SD Pedalaman, Desa Pesajian Kecamatan Batang Peranap

SALUT dan patut ditiru, itu kata-kata yang pantas ditujukan pada dua perusahaan yang mengelola Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yakni, PT Swakarsa Sawit Raya (SSR) dan PT Sawit Inti Raya (SIR) yang diketahui milik putra daerah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Sebab, komitmen dan kepedulian kedua perusahaan ini terhadap masyarakat terdampak Covid-19 di Kabupaten Inhu parlu diacungi jempol, bahkan Direktur Utama PT SSR dan PT SIR, Hendry Endy sempat menyatakan jika membantu ekonomi masyarakat yang sedang terpuruk akibat dampak Covid-19 bukanlah sebuah partisipasi semata, tapi ia merasa semua itu sudah menjadi tanggung jawabnya.

Pernyataan salah seorang pengusaha yang lahir dan besar di kota Rengat, ibu kota Kabupaten Inhu itu bukan hanya pemanis dan lips service semata, tapi nyata dibuktikan dengan sejumlah kegiatan bakti sosial yang dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat kurang mampu dalam menjalani kehidupan sehari-hari di masa pandemi Covid-19.

Hebatnya lagi, bantuan yang disalurkan PT SSR dan PT SIR itu bukan hanya dilakukan pada masyarakat disekitar perusahaan saja, tapi hampir seluruh wilayah Kabupaten Inhu telah merasakan uluran tangan dari kedua perusahaan pengelola PKS tersebut. Jadi dapat dibayangkan, jika masyarakat yang jauh dari lokasi perusahaan diperhatikan dengan baik, apalagi masyarakat Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat sebagai lokasi PT SSR dan Desa Bongkal Malang Kecamatan Kelayang.

Berikut sebagian kecil kegiatan sosial yang dilaksanakan PT SSR dan PT SIR dalam beberapa bulan belakangan ini, menjelang perayaan Idul Fitri 1442 H lalu, disaat pandemi Covid-19 makin menjadi-jadi, PT SSR dan PT SIR membagikan ratusan paket sembako untuk masyarakat di dua Kecamatan di Kabupaten Inhu.

"Ratusan paket sembako itu kita bagikan untuk masyarakat Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat sebagai wilayah ring 1 PT SSR dan Desa Bongkal Malang Kecamatan Kelayang yang merupakan wilayah ring 1 PT SIR," kata direktur PT SSR dan PT SIR Hendry Endy melalui Humasnya Anggrian L Gaol kepada wartawan di Rengat, Sabtu, 12 Juni 2021.

Diungkapkan Angrian, untuk Desa Talang Jerinjing, penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Manajer PT SSR Stanley Manalu kepada perwakilan masyarakat. Desa Talang Jerinjing mendapat 185 paket sembako.

Sementara, untuk Desa Bongkal Malang, telah disalurkan 100 paket sembako terhadap masyarakat yang bermukim disekitar areal PT SIR yang diserahkan secara simbolis oleh Manajer PT SIR Zulkarnain pada perwakilan masyarakat penerima bantuan.

"Alhamdulillah, proses penyaluran bantuan sembako ini berjalan dengan lancar, tetap mengedepankan protokol kesehatan," ucap Angrian.

Lebih lanjut dijelaskannya, progam penyaluran bantuan paket sembako untuk masyarakat kurang mampu dan terdampak Covid-19 disekitar areal kedua perusahaan tersebut merupakan kegiatan rutin menjelang perayaan Idul Fitri, juga sebagai realisasi program Coorporate Sosiality Responsibity (CSR) PT SSR dan PT SIR.

Bukti lain kepedulian PT SSR dan PT SIR terhadap masyarakat Inhu, Sabtu 12 Juni 2021 siang, bekerja sama dengan PGRI Kabupaten Inhu dan komunitas Teman Didik, menyalurkan bantuan seragam sekolah dan peralatan lainnya kepada puluhan siswa SD dengan tajuk "Kado Naik Kelas Untuk Siswa Pedalaman".

Tak tanggung-tanggung, lokasi penyerahan bantuan untuk siswa SD pedalaman tersebut di Desa Pesajian Kecamatan Batang Peranap, desa paling ujung di wilayah Kabupaten Inhu yang berbatasan dengan Provinsi Jambi dan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

"Luar biasa, perjalanan menuju Desa Pesajian cukup ekstrim dan menantang adrenalin, tapi Alhamdulillah, sebanyak 30 paket seragam sekolah dan peralatan belajar telah kita salurkan pada siswa di SD pedalaman tersebut," tutur Anggrian.

Meski bantuan tersebut tidak dikhususkan untuk peduli Covid-19, namun kita yakin, jika para orang tua siswa SD pedalaman itu pasti merasakan imbas serta dampak ekonomi keluarga akibat pandemi Covid-19.

Akhir Mei 2021 lalu, direktur PT SSR dan PT SIR, Hendry Endy melalui Humasnya Anggrian L Gaol didampingi sejumlah manajemen PT SSR dan PT SIR menyalurkan bantuan berupa 200 paket obat-obatan untuk meredakan atau meringankan gejala Covid-19 melalui Klinik Polres Inhu.

"Bantuan ini bukan semata-mata sebagai bentuk kepedulian dan partisipasi, tapi sudah menjadi tanggung jawab kami membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Inhu," ucap Anggrian.

Ia berharap agar masyarakat Inhu selalu menjaga kesehatan sehingga terhindar dari penyebaran virus menakutkan itu dengan cara tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, pihaknya hanya berusaha membantu pemerintah, baik Pemkab Inhu, TNI Polri dalam menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Inhu.

Masih banyak lagi bukti nyata jika dua perusahaan itu betul-betul peduli dengan kondisi masyarakat Kabupaten Inhu, terutama selama pandemi Covid-19, sejauh ini telah puluhan kali pihak perusahaan menggelar kegiatan bakti sosial, meski bukan disekitar areal perusahaan itu sendiri.

Disamping aktif membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19, kedua perusahaan itu juga kerap turun dan berpartisipasi dalam membantu penanggulangan bencana, seperti banjir, kebakaran lahan dan hutan serta kegiatan sosial lainnya.

Sebagaimana diketahui, Hendry Endy, selain menjabat sebagai direktur dua perusahaan hebat itu, ia juga aktif memimpin salah satu kumpulan atau club otomotif berkelas yang mengedepankan kegiatan bhakti sosial di daerah pedalaman di Kabupaten Inhu.

Mudah-mudahan, langkah dan kepedulian dua perusahaan ini dapat diikuti oleh puluhan perusahaan lainnya yang beroperasi di Kabupaten Inhu, jika semua ikut berpartisipasi, tentu masyarakat terdampak Covid-19 bisa bernafas lega dalam menghadapi masa-masa sulit sekarang ini (feature - Efril Reza)

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index