Pj Bupati Inhu dan Kapolres Cek Penambahan Ruangan Pasien Covid-19

Pj Bupati Inhu bersama Kasat Reskrim Polres Inhu meninjau lokasi penambahan ruang isolasi pasien Covid-19 di RSUD Indrasari Rengat

INHU - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Indragiri Hulu (Inhu) AKBP Efrizal S.I.K yang diwakili Kasat Reskrim Polres Inhu AKP Komang Aswatama, SH, S.I.K bersama Pejabat (Pj) Bupati Inhu H Chairul Riski MS MP meninjau lokasi penambahan ruangan isolasi atau ruang rawat inap bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di RSUD Indrasari Rengat.

Pengecekan ini dilaksanakan Pj Bupati dan Kapolres Inhu, Senin 17 Mei 2021 pagi, hadir juga Kepala Dinas kesehatan Inhu Elis Julinarti DCM, M.Kes, Kabid TU RSUD Indrasari, Dwiyana Saputri dan Direktur RSUD Indrasari, drg Sri Dharmayanti.

Berdasarkan laporan pihak RSUD, ada penambahan 8 ruangan isolasi dengan jumlah 21 tempat tidur bagi pasien terkonfirmasi Covid-19 selama menjalani masa karantina dan perawatan medis.

Sehingga total kapasitas ruangan rawap Inap Covid-19 sebanyak 41 tempat tidur, seluruh ruangan yang disiapkan itu telah memenuhi standar, yakni harus memiliki CCTV, AC, kipas angin dan exaust van.
Pasien pasien Covid-19 yang harus dirawat adalah pasien dengan kondisi sakit berat dan kritis.

"Hari ini kita siapkan 5 ruangan, masing-masing ruangan memiliki 2 tempat tidur, sedangkan sisanya akan disiapkan pada Rabu 19 Mei 2021 mendatang," kata Direktur RSUD Indrasari Rengat.

Sementara, Pj Bupati Inhu menegaskan agar pihak RSUD terus berkoordinasi dengan Diskes agar pasien Covid-19 dengan gejala ringan diupayakan di rawat secara mandiri. Kemudian Diskes harus menyiapkan tempat untuk rawat inap diluar dari RSUD.
Apabila rawat inap yang sudah di siapkan penuh maka Pemkab Inhu akan koordinasi dengan pihak hotel yang ada di Inhu untuk digunakan sebagai tempat rawat inap pasien Covid-19.

Sedangkan Kadis Diskes Inhu mengatakan, ruangan penambahan di RSUD harus disiapkan secepatnya agar bisa segera  digunakan, Diskes juga sudah menyiapkan beberapa gedung untuk rawat inap pasien Covid-19 diluar RSUD Indrasari yakni Puskesmas Air Molek dan wisma atlit Rengat.

Dalam kesempatan itu, Kasat Reskrim AKP I Komang Aswatama, SH, SIK mewakili Kapolres menyampaikan beberapa hal, yakni sangat diperlukan adanya sinergi dan koordinasi yang baik terkait penanganan pasien Covid-19 yang datang ke RSUD. Terkait pasien yang datang ke RSUD setelah dilakukan observasi dan di nyatakan bergejala ringan, diharapkan RSUD tidak serta merta memulangkan pasien untuk dilakukan isolasi di rumah namun dapat dirujuk ke wisma atlit atau Puskesmas yang telah ditunjuk oleh gugus tugas (ril)






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar