Dinas PMD Gelar Pelatihan Aplikasi Desain RAB

Dinas PMD Gelar Pelatihan Aplikasi Desain RAB
Kabid BKAD, Dudi Sumbari saat menyampaikan arahan

INHU - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) membekali 178 Kasi Kesra Desa se-Inhu terkait Pelatihan Aplikasi Desain Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pembangunan Desa, Rabu (24/02/2021).

Selain materi, peserta juga diberi pelatihan atau praktik ujicoba pembuatan RAB desain pembangunan jalan, irigasi, jembatan, air bersih, bangunan, dan lapangan, oleh para narasumber atau fasilitator. Kegiatan ini berlangsung selama 1 hari dengan 2 gelombang, pagi dan siang, dengan kegiatan yang berdasar kepada protokoler kesehatan standar Covid-19.

Dalam kesempatan ini Kabid BKAD Dudi Sumbari, SAB menyebutkan bahwa, salah satu kendala dalam penetapan Peraturan Desa tentang APBDes adanya keterlambatan menyusun desain RAB pembangunan desa. Olehnya itu, ia berharap, melalui Bimtek ini, kendala penyusunan desain RAB pembangunan desa bisa segera diatasi.

“Tadi disebutkan bahwa desain RAB itu ada yang dibuat oleh kader teknis desa, tapi ada juga yang menggunakan pihak ketiga. Sementara desa sendiri dituntut untuk mandiri dan memberdayakan masyarakatnya seperti kader teknis tersebut,” kata Dudi.

Sementara itu, Kasi Penatausahaan Keuangan Desa, R Amrah Djas, SP MM mengatakan bahwa, melalui Bimtek ini, aparat desa bisa membuat dan menyusun RAB dengan baik.

Dia berharap, para peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan materi yang disampaikan oleh narasumber,. Sehingga setelah selesai Bimtek, ilmu yang diperoleh dapat diimplementasikan di desa masing-masing. "Peserta bisa juga bersinergi dengan kader teknis, sehingga penetapan APBDes dapat berjalan tepat waktu,” pungkasnya.***

Berita Lainnya

Index