Kepala BPKAD Minta Daerah Segera Ajukan Bankeu Honor Guru Bantu Baru

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau, Indra

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau, baru menerima 3 Kabupaten Kota yang mengajukan bantuan keuangan (Bankeu) bagi Guru bantu SD/SMP se Kabupaten Kota, dan 9 Kabupaten Kota lainnya belum mengajukan. 3 Daerah yang sudah mengajukan Kabupaten Bengkalis, Rokan Hulu dan Indragiri Hulu. 

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau, Indra, mengatakan, dari 3 Kabupaten tersebut baru Kabupaten Rokan Hulu yang lengkap persayaratannya, dan dalam waktu beberapa hari ini segera akan ditransferkan ke Daerah. 

“Jadi kami informasikan bahwa, yang baru mengajukan honor guru bantu daerah itu baru tiga Kabupaten, yang lain belum. Yang sudah lengkap persayaratannya Rokan Hulu, sekarang dalam proses transfer. Yang dua lagi Inhu dan Bengkalis dalam proses melengkapkan administrasinya. Dan sembilan daerah lagi belum mengajukan,” kata Indra, Rabu (21/4).

Dijelaskan Indra, seharusnya Kabupaten Kota harus ingat untuk mengajukan gaji guru honor setiap bulannya, atau per triwulan. Jika tidak nanti akan menumpuk sehingga berdampak pada tenaga pendidik SD/SMP yang ada di daerah, yang mengeluhkan belum dibayarkannya gaji honor mereka.

“Tidak ada alasan bagi daerah untuk tidak mengajukan anggaran gaji guru bantu. Kami membayarkan berdasarkan aturan yang berlaku, kalau tidak diajukan tidak mungkin kami membayarkannya. Dan ada juga yang beralasan karena Pergubnya lama sampai ke mereka. Pergub saja tidak pernah berubah masih Pergub yang lama tidak ada yang baru, jadi itu bukan alasan. Pergub Bankeu ini setiap tahun masih yang lama,” tegas Indra.

Untuk masing-masing Guru bantu akan menerima honor sebesar Rp2 juta perbulan. Dengan total gutu bantu yang menerima sebanyak 3.933 Guri se Kabupaten Kota. Pengajuan bisa diajukan berdasarkan pengajuan dari Kabupaten Kota. (mcr)






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar