KODIM 0302/INHU, KORAMIL 05/PERANAP

Antisipasi Karhutla, Koramil 05/Peranap Gelar Patroli dan Sosialisasi Rutin di Dua Kecamatan

Antisipasi Karhutla, Koramil 05/Peranap Gelar Patroli dan Sosialisasi Rutin di Dua Kecamatan

INHU - Mencegah terjadi Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Indragiri Hulu, Personil Koramil 05/Peranap Lagi-lagi lakukan patroli dan sosialisasi rutin di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Batang Peranap dan Kecamatan Peranap, Kamis 15 April 2021.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Sertu Wahyu Liquisa dan dihadiri  beberapa personil Koramil 05/Peranap, yakni Serda Noto Priyo, Kopda Riswan Manurung, Kopda Dian Susandi serta beberapa warga setempat.

Sertu Wahyu Liquisa mengatakan kegiatan patroli dan sosialisasi berguna untuk memberikan pemahaman atas dampak yang terjadi akibat Karhutla dengan tujuan supaya masyarakat tidak melakukan kegiatan pembakaran hutan saat membuka lahan. 

Sasaran kegiatan sosialisasi di Kecamatan Batang Peranap berada di desa Selunak, sedangkan patroli rutin yang dilakukan Kecamatan Peranap berada di desa Semelinang Darat.

"Mencegah terjadi Karhutla sangat dibutuhkan peran semua pihak, mulai dari unsur pemerintahan dunia usaha dan masyarakat," ujar Serda Wahyu Liquisa.

Pada kesempatan tersebut Sertu Wahyu Liquisa juga menjelaskan, kegiatan patroli dan sosialisasi akan dilakuan setiap hari ditempat-tempat yang rawan Karhutla yang ada dikawasan Kecamatan Peranap dan Batang Peranap, oleh karnanya diharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat dapat berpartisipasi dalam mencegah terjadi bencana kabut asap yang disebabkan dari Karhutla.

"Semoga patroli rutin yang dilakukan berjalan dengan baik tanpa ada halangan apapun dan Inhu bebas Kabut asap," harap Sertu Wahyu Liquisa.

Sementara itu, Danramil 05/Peranap Kapten Inf Kadarisman saat dikonfirmasi Riaukarya.com  menghimbau kepada seluruh petugas penanggulangan Karhutla untuk terus menyampaikan kepada masyarakat dampak dan bahaya serta larangan membakar hutan dan lahan, agar Kabupaten Inhu khususnya wilayah Kecamatan Peranap dan sekitarnya tidak lagi ada Karhutla dan kepada seluruh lapisan masyarakat Kecamatan Peranap dapat bahu membahu mencegah terjadinya Karhutla. 

"Mari cintai alam dan jaga kelestarian hutan kalau bukan kita siapa lagi kalau tidak sekarang kapan lagi," tutup Danramil Kapten Inf Kapten Inf Kadarisman.(rif)

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index