KODIM 0302/INHU, KORAMIL 05/PERANAP

Masa Pancaroba, Kopda Dian Kembali Ingatkan Warga Jaga Kesehatan

Masa Pancaroba, Kopda Dian Kembali Ingatkan Warga Jaga Kesehatan

INHU - Anggota Koramil 05/Peranap Kopda Dian Susandi Komunikasi sosial (Komsos) dengan memberikan edukasi kepada warga di Jl. Kesehatan RT 007 RW 007 Kelurahan Peranap agar senantiasa menjaga kesehatan dikala pergantian musim, Selasa 09 Maret 2021.

Kopda Dian Susandi saat dikonfirmasi  Selasa (09/03) menjelaskan, adakala baiknya ditengah cuaca yang terus berganti dari cuaca panas ke cuaca hujan atau sebaliknya cuaca hujan tiba-tiba menjadi cuaca panas atau yang disebut Pancaroba, untuk itu selalu menjaga kesehatan terutama dengan melakukan minum air putih yang cukup. Ujar nya

Dalam arahan nya Kopda Dian Susandi menjelaskan, salah satu efek buruk akibat masa pancaroba di awal musim penghujan yaitu, adanya udara panas dari terik matahari yang tiba-tiba datang terasa menyengat dan disaat hampir bersamaan mulai mendung kemudian turun hujan. Keadaan pergantian cuaca yang tiba-tiba dan kondisi tubuh menjadi menurun. Orang tua pun dituntut untuk lebih kreatif dan bijak berupaya sekuat tenaga untuk menyikapi dengan mengantisipasi kemungkinan hal itu terjadi supaya anak tetap bisa berkativitas secara normal serta terhindar dari efek buruk masa pancaroba. Ada beberapa tips bagi orang tua yang bisa dilakukan sebagai langkah antisipatif.

Pertama, ajak anak untuk lebih memperbanyak dan sering minum air putih serta jika diperlukan minuman sehat pengganti ion tubuh yang hilang selama beraktivitas seharian. Ini dimaksudkan agar cairan dalam tubuh anak tetap stabil dan tidak mengalami dehidrasi.

Kedua, berikan anak suplemen vitamin C untuk daya tahan tubuh yang bisa berasal dari buah dan sayur atau dari suplemen yang dikonsumsi harian.

Ketiga, hindari anak memakai pakaian yang terlalu tebal dan rangkap. Minta anak untuk mengenakan pakaian yang biasa saja, nyaman, terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat, dan warnanya tidak gelap (terutama dipakai beraktivitas diluar rumah pada siang hari). Tujuannya agar kulit tubuh anak saat berkeringat tidak berkeringat berlebihan dan cepat kering sehingga tidak menimbulkan penyakit kulit seperti biang keringat dan sejenisnya.

Keempat, pakaikan masker penutup hidung plus siapkan jas hujan saat akan keluar rumah.

Kelima, minta anak untuk tidak minum minuman yang telalu dingin atau panas. Jika saat udara panas minum minuman dingin hanya sekedar menurunkan rasa dahaga dan menyegarkan tubuh tidak masalah. Namun konsumsinya jangan terlalu sering dan banyak serta tidak terlalu dingin. Begitu juga sebaliknya saat cuaca dingin jangan biarkan anak minum minuman yang terlalu panas.

Terakhir, biasakan anak untuk makan dan istriahat secara teratur agar kondisi kesehatannya selalu terjaga. Orang tua harus menjadi contoh teladan dalam menyikapi situasi cuaca ekstrim seperti ini di masa pancaroba. Ajak dan ajarkan anak dengan orang tua terlebih dahulu melakukan apa yang ingin dilakukan oleh anak dengan baik. Tanpa diminta pun jika anak sudah melihat orang tuanya melakukan hal yang positif pasti akan diapresiasi oleh anak dan diikuti mereka dengan senang hati. Jelas Kopda Dian Susandi

Pria Hoby memancing itu menghimbau kepada lapisan masyarakat Kecamatan Peranap agar senantiasa menjaga kesehatan dimasa Pancaroba, selain itu tetap mengikuti Protokol kesehatan ditengah Pandemi Covid 19. tutupnya

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index