KODIM 0302/INHU, KORAMIL 05/PERANAP

Gelar Patroli Rutin, Sertu Lisbon Gultom Himbau Warga Antisipasi Karhutla

Gelar Patroli Rutin, Sertu Lisbon Gultom Himbau Warga Antisipasi Karhutla

INHU - Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Koramil 05/Peranap kembali gelar sosialisasi dan Patroli rutin hari ini  di Desa Semelinang Tebing Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau. Minggu 07 Maret 2021.

Sosialisasi tersebut di Pimpin Sertu Lisbon Gultom bersama rekanya Koptu Wanudin serta di hadiri beberapa warga setempat. 

Pencegahan dini antisipasi Karhutla wilayah Kecamatan Peranap akan terus dilakukan di daerah-daerah rawan Karhutla dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya mencegah terjadinya Karhutla khususnya bagi warga yang ingin membuka lahan. 

Beberapa hari terakhir ini Kecamatan Peranap mengalami musim hujan dengan itensitas ringan hingga intensitas tinggi, akan tetapi sosialisasi ini akan rutin dilaksanakan untuk disampaikan kepada warga supaya dapat memahami dampak dan akibat dari bencana Karhutla, ujar Sertu Lisbon Gultom

Dalam kesempatan tersebut pria Kelahiran Sumatra Utara itu menjelaskan, bahwa bencana Karhutla dapat terjadi karena Dua faktor, pertama faktor alam dan ke Dua karena ulah tangan manusia itu sendiri. Kebakaran akibat faktor alam dipengaruhi oleh tingginya suhu panas akibat kemarau panjang, akan tetapi faktor ini sangat kecil kemungkinan dapat menimbulkan kebakaran luas. 

Dalam faktanya kebakaran hutan skala besar dapat terjadi akibat ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab, hal ini akibat tangan manusia yang tidak tau aturan dan tidak bertanggung jawab membuka lahan dengan cara membakar.

"Kepada seluruh lapisan masyarakat Kecamatan Batang Peranap sekitarnya, mari bersama-sama jaga alam niscaya alam pun akan jaga kita, kalau tida kita menjaganya siapa lagi dan kalau tidak mulai dari sekarang kapan lagi," tegasnya. 

Dilain tempat Danramil 05/Peranap Kapten Inf Kadarisman saat dikonfirmasi via selulernya, pihaknya berikan apresiasi kepada seluruh Babinsa, antusias mensosialisasikan pencegahan Karhutla kepada masyarakat, semoga dengan adanya kegiatan tersebut masyarakat dapat memahami dampak dan akibat dari bencana Karhutla, tutup Danramil 05/Peranap Kapten Inf Kadarisman. 

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index