Gelar Operasi PETI, Kapolsek Benai ke Warga: Laporkan Apabila Ada Aktifitas PETI

Gelar Operasi PETI, Kapolsek Benai ke Warga: Laporkan Apabila Ada Aktifitas PETI
Personel Polres Kuansing rusak Dompeng PETI (Penambangan Emas Tanpa Izin)

KUANSING - Jajaran Polres Kuansing, Melalui Polsek Benai, kembali melaksanakan operasi penertiban Tambang Emas Tanpa Izin (PETI) di Sungai Batang Kuantan, Desa Pulau Tongah, Kecamatan Benai, Ahad (28/02/2021).

Hal ini di ungkapkan Kapolres Kuansing, AKBP Henky Poerwanto SIK, MM melalui Kapolsek Benai Iptu Donal Jonson SH kepada awak media, bahwasanya operasi ini
dilakukan berdasarkan informasi dari media online (FB) bahwa adanya PETI di sungai batang kuantan Kenegerian Siberakun yang beraktifitas.

Dengan informasi ini, kemudian Kapolsek Benai bersama personil langsung melakukan penertiban di sungai batang kuantan Desa Pulau Tongah, Kenegerian Siberakun, Kecamatan Benai dengan di back up dari Sat Reskrim Polres Kuansing yang di pimpin oleh Kasat Reskrim Polres Kuansing AKP Marudut Tua, SH.

"Saat tim gabungan personil sampai di lokasi sekira jam 11.00 WIB, ditemukan Rakit Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Sungai Batang Kuantan Desa Pulau Tongah, yang berjumlah sekitar 15 (Lima Belas) Unit Rakit yang sedang beraktifitas. Namun para pelaku yang melihat kedatangan tim gabungan personil kepolisian ke lokasi langsung melarikan diri ke hulu dan ke hilir sungai batang kuantan," pungkasnya.

Dikatakanya, tidak hanya di situ, bahkan tim gabungan juga menelusuri pinggiran sungai batang kuantan, dan ditemukan 2 (Dua) Unit Rakit yang di tambatkan di dalam sungai batang kuantan di dekat tebing Desa Pulau Tongah.

"Untuk penindakan Rakit Dompeng tersebut kita rusak dan bakar, dengan tujuan agar rakit tersebut tidak bisa digunakan kembali." Terangnya.

"Kita himbauan kepada masyarakat sekitar lokasi agar menginformasikan ke Polsek Benai atau Bhabinkamtibmas apabila masih ada aktifitas pertambangan emas di sungai batang kuantan." Imbaunya.

Lanjutnya, selain penertiban kedepanya 
Akan melakukan monitoring terhadap kegiatan pertambangan emas di sungai batang kuantan, seperti melakukan patroli rutin dan penertiban terhadap aktifitas pertambangan emas di sungai batang kuantan.

"Pihaknya akan berkoordinasi dengan Camat dan Kepala Desa di lingkungan aliran sungai batang kuantan untuk pengadaan fasilitas perahu motor yang dapat memaksimalkan patroli di sungai batang kuantan dan antisipasi banjir di wilkum Polsek Benai." Terangnya.

#Kuansing

Index

Berita Lainnya

Index