Sangat Serius Tangani Stunting, Pemkab Inhu Gelar Rapat Koordinasi

Sangat Serius Tangani Stunting, Pemkab Inhu Gelar Rapat Koordinasi

INHU - Plh Bupati Indragiri Hulu H. Ir. Hendrizal, MSi, yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H. Syahrudin, S. Sos. MT, membuka secara resmi  rapat koordinasi penanganan stunting terintegrasi, di ruang rapat kantor BAPPEDA Inhu, Senin 22 Februari 2021.

Dalam sambutannya Plh. Bupati Inhu atas nama Pemkab yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Syahrudin, S.Sos. MT mengucapkan terimakasih kepada peserta rapat yang telah hadir dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Syahrudin menyatakan bahwa Kabupaten Inhu ditetapkan sebagai Lokus stunting tahun 2021. Stunting adalah suatu kondisi gagal tumbuh pada anak yang berusia di bawah lima tahun (balita) akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang terutama pada 1.000 (Seribu) hari pertama kehidupan (HPK) .

Mantan Camat Pasir Penyu ini menambahkan bahwa dasar pelaksanaan pelaksanaan stunting di Kabupaten Inhu adalah surat keputusan menteri perencanaan pembangunan nasional No.Kep. 42/M.PPN/HK/04/2020 tentang kabupaten/ kota lokasi fokus intervensi penurunan stunting terintegrasi tahun 2021, surat keputusan Bupati Inhu Nomor : Kpts.546/XI/2020 tentang pembentukan tim koordinasi pelaksanaan pencegahan anak kerdil Kabupaten Inhu dan surat pernyataan komitmen pelaksanaan percepatan penanganan anak stunting.

Sementara itu Kepala Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Bappeda Inhu, Imron Basyari, SE, menyampaikan bahwa rapat ini bertujuan untuk  menganalisis situasi program penurunan stunting, mengidentifikasi sebaran prevalensi yang ada serta penyediaan intervensi gizi prioritas di Kabupaten Inhu.

Acara rapat koordinasi penanganan stunting terintegrasi  ini juga menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidangnya antara lain Ning Kasmiati dari  Dinkes Provinsi Riau dan Tuti Rahmawati dari Bapeda & Libang Provinsi Riau.

Tampak hadir pada acara ini Plt. Kepala Bappeda Inhu, Sukarjo, Kepala Dinas Kesehatan Elis Julinarti, sejumlah kepala OPD dan pejabat terkait di masing-masing OPD Pemkab Inhu.***
 

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index