KODIM 0302/INHU, KORAMIL 05/PERANAP

Cagah Kabakaran Hutan dan Lahan Koramil 05/Peranap Gelar Patroli Rutin didesa Pandan Wangi Inhu

INHU - Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), lagi -lagi Koramil 05/Peranap kembali menggelar sosialisasi rutin didesa Pandan Wangi Kecamatan Peranap, Kamis 18 Februari 2021.

Sosialisasi tersebut di Pimpin Serda Noto Priyo  didampingi rekanya Kopda Dian Susandi serta di hadiri beberapa warga setempat.

Pencegahan dini antisipasi Karhutla wilayah Kecamatan Peranap akan terus dilakukan di daerah-daerah rawan Karhutla dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya mencegah terjadinya Karhutla khususnya bagi warga yang ingin membuka lahan.

Saat ini Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) telah masuk dalam fase musim Panas oleh karnanya sosialisasi ini akan rutin dilaksanakan untuk disampaikan kepada warga supaya dapat memahami dampak dan akibat dari bencana Karhutla, ujar Serda Noto Priyo kepada Wartawan Kamis 18/02/2021.

Dalam kesempatan tersebut Noto  juga menjelaskan, bahwa bencana Karhutla dapat terjadi Karena Dua faktor, pertama faktor alam dan ke Dua karena ulah tangan manusia itu sendiri. Kebakaran akibat faktor alam dipengaruhi oleh tingginya suhu panas akibat kemarau panjang akan tetapi faktor ini sangat kecil kemungkinan dapat menimbulkan kebakaran luas.

Dalam faktanya kebakaran hutan skala besar dapat terjadi akibat ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab, hal ini akibat tangan manusia yang tidak tau aturan dan tidak bertanggung jawab membuka lahan dengan cara membakar.

"Kepada seluruh lapisan masyarakat Kecamatan Peranap sekitarnya, mari bersama-sama jaga alam niscaya alam pun akan jaga kita, kalau tida kita menjaganya siapa lagi dan kalau tidak mulai dari sekarang kapan lagi," tegasnya

Dilain tempat Danramil 05/Peranap Kapten Inf Kadarisman saat dikonfirmasi via selulernya, pihaknya berikan apresiasi kepada seluruh Babinsa yang antusias mensosialisasikan pencegahan Karhutla kepada masyarakat, semoga dengan adanya kegiatan tersebut masyarakat dapat memahami dampak dan akibat dari bencana Karhutla.

"Kita semua berharap semoga tahun 2021 ini dan untuk seterusnya tidak ada lagi bencana Karhutla di Kabupaten Inhu khususnya Kecamatan Peranap sekitarnya", tutup Kapten Inf Kadarisman






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar