Polres Kuansing, TNI dan Pemerintah Desa Bersinergis Tertibkan PETI di Desa Marsawa

Polres Kuansing, TNI dan Pemerintah Desa Bersinergis Tertibkan PETI di Desa Marsawa
Pemusnahan 4 dompeng PETI oleh Tim Gabungan.

KUANSING - Bodoh dan Bandel menjadi julukan yang tepat bagi pelaku dan Pemilik Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah hukum Polres Kuansing.

Hari ini Kamis (11/02/2021), Personel Polres Kuansing dan Jajaran Polsek Benai bersama anggota TNI dan Pemerintahan Desa Marsawa bergerak bersama dalam rangka Penertiban PETI di Desa Marsawa, Kecamatan Sentajo Raya, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Adapun personil yang ikut dalam penertiban ini berjumlah 19 personil diantaranya 10 personil dari Sabhara Polres Kuansing, 3 personil dari Satreskrim Polres Kuansing, 5 personil dari Polsek Benai, dan 1 personil dari Koramil 02 Kuantan Tengah.

Hal ini dibenarkan Kapolres Kuansing, AKBP Henky Poerwanto SIK M.M saat dikonfirmasi awak media mengatakan bahwasannya penertiban ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Benai Iptu Donal Tambunan, SH didampingi Kanit Intel Polsek Benai Ipda Faisal dan KBO Sat Sabhara Ipda Jumario tepatnya di area kebun plasma masyarakat. 

"Giat ini juga di dampingi oleh pemerintahan Desa Marsawa yang diwakili oleh Kepala Dusun Bukit Raya, Windar," ujar Kapolres.

Dikatakan Kapolres, dalam penertiban ini ditemukan 11 unit rakit dompeng, dengan 4 unit rakit dompeng yang sedang beroperasi. Sementara untuk para pelaku PETI melarikan diri Sebelum aparat sampai ke lokasi.

"Personil kita langsung mengambil tindakan perusakan dan pembakaran 4 unit rakit dompeng tersebut agar tidak bisa dipergunakan kembali," terang Kapolres.

Lanjut Kapolres, dirinya kembali menghimbau agar masyarakat tidak kembali beraktifitas PETI, selain bisa membahayakan diri sendiri serta mengakibatkan kerusakan alam.

"Mari kita jaga lingkungan dan alam kita untuk masa depan anak cucu kita," ajak Kapolres.

Sementara itu, Kades Masawa, Muhtar memberikan aspresiasi kepada jajaran Polri dan TNI khususnya Polres Kuansing dan jajaran dan Koramil 02 Kuansing, yang mana dari kepolisian melakukan penertiban PETI di wilayah Desa Marsawa.

"Saya ucapkan terima kasih, karena giat ini menjadi salah satu keinginan masyarakat. Kita harapkan kepada masyarakat dan aparat tidak ada kesalahapahaman, sebab ini juga merupakan tugas kepolisian dan kita bersama" pungkas Kapolres.

Selain itu dirinya selaku Kades meminta adanya solusi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kuansing untuk dapat memberikan solusi terkait PETI di Kabupaten Kuansing.

"Jelas kita harap Pemda untuk turun tangan dalam menangani PETI ini. Setidaknya bisa melegalkan aktifitas penambangan dengan adanya Tambang Rakyat.

Sedangkan pantuan awak media di lapangan, terlihat aparat kesulitan pada saat menuju lokasi PETI, diantara harus menyerangi Sungai, bahkan merisnya lagi dua personil terperosok dalam lubang Dompeng. 

#Hukrim

Index

Berita Lainnya

Index