KODIM 0302/INHU, KORAMIL 05/PERANAP

Antisipasi Karhutla, Kopda Dian Susandi Tegaskan Tidak Membuka Lahan Dengan Membakar

Antisipasi Karhutla, Kopda Dian Susandi Tegaskan Tidak Membuka Lahan Dengan Membakar

INHU - Lagi-lagi  mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Koramil 05/Peranap kembali menggelar sosialisasi rutin kepada warga Kelurahan Baturijal Hilir Kecamatan Peranap, Kamis 03/02/2021.

Hadir pada kegiatan tersebut beberapa Warga Baturijal Hilir dipimpin oleh Kopda Dian Susandi didampingi Babinsa Koptu Wanudin

Pencegahan dini antisipasi terjadinya Karhutla wilayah Kecamatan Peranap akan terus dilakukan di daerah-daerah rawan Karhutla dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya mencegah terjadinya Karhutla khususnya bagi warga yang ingin membuka lahan.

Meski saat ini wilayah Kabupaten Inhu masuk pada tahapan musim hujan namun sosialisasi ini akan terus dilaksanakan dan disampaikan kepada warga supaya dapat memahami dampak dan akibat dari bencana Karhutla. Sebut Kopda Dian Susandi saat di hubungi via Telponya.

Lanjutnya Dian Susandi, menjelaskan bahwa bencana Karhutla dapat terjadi Karena Dua faktor, pertama faktor alam dan ke Dua karena ulah tangan manusia itu sendiri. Kebakaran akibat faktor alam dipengaruhi oleh tingginya suhu panas akibat kemarau panjangan akan tetapi faktor ini sangat kecil kemungkinan dapat menimbulkan kebakaran luas.

Dalam faktanya kebakaran hutan skala besar dapat terjadi akibat ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab, hal ini akibat tangan manusia yang tidak tau aturan dan tidak bertanggug jawab membuka lahan dengan cara membakar.

"Kepada seluruh lapisan masyarakat Kecamatan Peranap sekitarnya, mari bersama-sama jaga alam niscaya alam pun akan jaga kita, kalau tida kita menjaganya siapa lagi dan kalau tidak mulai dari sekarang kapan lagi," himbau Kopda Dian Susandi

Danramil 05/Peranap Kapten Inf Kadarisman saat dikonfirmasi via selulernya, pihaknya berikan apresiasi kepada seluruh Babinsa yang sangat antusias mensosialisasikan pencegahan Karhutla kepada masyarakat, semoga dengan ada kegiatan tersebut masyarakat dapat memahami dampak dan akibat dari bencana Karhutla.

"Kita semua berharap semoga tahun 2021 ini dan untuk seterusnya tidak ada lagi bencana Karhutla di Kabupaten Inhu khususnya Kecamatan Peranap sekitarnya", ujar Kadarisman.

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index