Kapolresta Dampingi Kapolda Riau Hadiri HUT Satpam ke-40 di Pekanbaru

Kapolresta Dampingi Kapolda Riau Hadiri HUT Satpam ke-40 di Pekanbaru
HUT Satpam ke-40 digelar serentak se-Indonesia secara virtual

PEKANBARU - Peringati HUT Satpam Ke-40 tahun secara serentak di Indonesia, Kepala Kepolisian Resor Kota Pekanbaru, Kombes Pol H. Nandang Mumin Wijaya, SIK, HM dampingi Kapolda Riau Irjen Pol Agung SIE, untuk menghadiri HUT Satpam yang digelar secara virtual bertempat di Ballroom Hotel Royal Asnof Kota Pekanbaru, Selasa (2/2/2021).

Selain dihadiri Kapolda Riau, turut hadir Direktur Binmas Polda Riau Kombes Pol Drs Kris Pramono, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H Nandang Mumin Wijaya, SIK MH, Ketua Asosiasi Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Provinsi Riau H. Edy Darmawi beserta tamu undangan lainnya.

Peringatan HUT Satpam yang ke-40 tahun 2020 itu, mengusung tema "Tingkatkan Profesionalisme dan Kompetensi Satuan Pengamanan Menjadi Profesi yang Membanggakan dan Bermartabat, dilakukan secara virtual dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Diawali dengan Pemotongan Tumpeng oleh Kapolda Riau yang kemudian diberikan kepada salah satu perwakilan Satpam yang mewakili berulang tahun, dilanjutkan dengan pembacaan doa, untuk mengucapkan syukur kepada Allah SWT.    

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SH SIK MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa Perayaan HUT Satpam ke-40 tahun ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, dirinya berharap kepada hadirin yang hadir harus menjaga kesehatan. 

"Ini sejalan dengan imbauan pemerintah, agar selalu mengedepankan protokol kesehatan, untuk mencegah timbulnya cluster-cluster baru," ujar Kapolda Riau.

Meski begitu, Kapolda Riau berharap kepada Satpam yang bertugas, agar selalu menjalankan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan) saat menjalankan tugas di lingkungan kerja.

Dikatakan Kapolda Riau, tugas pokok Satpam adalah bagian dari pengemban Fungsi Kepolisian dan menyelenggarakan keamanan di tempat kerjanya maupun di tempat tinggal yang meliputi pengamanan fisik personil, memberikan informasi kepada supervisornya dan pengamanan teknis lainnya di bidang keamanan.

"Selaras dengan itu, agar senantiasa menjaga kesehatan dan keimanan untuk menunjang tugas di wilayah masing-masing tempat kerja dan meningkatkan kewaspadaan dalam setiap menghadapi gangguan maupun hambatan di wilayah kerjanya," pinta Kapolda Riau. 

Sementara itu, Ketua Asosiasi Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Provinsi Riau H. Edy Darmawi, mengatakan kegiatan HUT Satpam ini digelar secara virtual dan dipusatkan di Jakarta, dan diikuti oleh daerah secara serentak.

Ia menyebukan satuan pengamanan resmi dibentuk pada 30 Desember 1980, melalui Surat Keputusan Kapolri No. Skep/126/XII/1980 tentang Pola Pembinaan Satuan Pengamanan, yang saat itu dijabat Prof. DR. Awaloedin Djamin, MPA.

Lantaran itu lanjut H. Edy Darmawi, Petugas satuan pengamanan di seluruh Indonesia menyambut perayaan HUT Satpam ke-40, tepatnya pada 30 Desember 2020. 

"Karenanya sudah menjadi agenda tahunan, para asosiasi jasa pengamanan dan Polri membentuk kepanitian, yang bertugas dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan berbagai rangkaian kegiatan HUT satpam," pungkas H Edy Darmawi.

Pantauan, usai kata sambutan disampaikan Kapolda Riau dan Ketua Asosiasi Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Provinsi Riau, tak lama kemudian dilanjutkan pemberian penghargaan kepada Satpam yang berprestasi dan sesi foto bersama.

Selama acara peringati HUT Satpam Ke-40 tahun berlangsung, kegiatan berjalan lancar, aman dan kondusif hingga selesai yang dimulai sejak pukul 08.00 Wib, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index