Lansia Desa Petalabumi Cek Kesehatan di Posyandu

Lansia Desa Petalabumi Cek Kesehatan di Posyandu

INHU - Posyandu tak hanya berkutat seputar kesehatan anak dan balita saja, tetapi juga seputar kesehatan orang lanjut usia (lansia). Salah satunya posyandu lansia di desa Petala Bumi, Kecamatan Seberida, Kabupaten Idragiri Hulu, yang rutin melakukan cek kesehatan dan kegiatan lainnya untuk para anggota lansianya.

Kegiatan posyandu Lansia dimanfaatkan untuk memeriksa kesehatan. Seperti pada Senin (25/01) di Posyandu Tri Tunggal desa Petalabumi, yang dihadiri sekitar empat puluhan lebih warga Lansia .

Kegiatan yang rutin dilaksanakan sebulan sekali ini semakin diminati oleh warga karena adanya layanan pengecekan gratis asam urat, gula darah, kolesterol dan cek kesehatan lainnya. Warga datang ke posyandu tersebut untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Pelayanan pengecekan kadar gula darah, asam urat dan kolesterol ini didukung oleh Tim Kesehatan dari Puskesmas Pangkalan Kasai, sehingga pelayanan ini dapat dimanfaatkan oleh warga Lansia tanpa membayar biaya sepeserpun alias pengecekan kesehatan tersebut gratis," ujar H. Suganda timkes dari Puskesmas Pangkalan Kasai. 

Kegiatan yang sudah rutin ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Desa Petalabumi, Puskesmas Pangkalan Kasai dan Bidan Desa.

Sementara itu Kader Posyandu Lansia Nur Laili mengatakan, untuk desa Petalabumi sendiri Lansia yang aktif hampir mencapai 100 orang. " Ya, tentunya didominasi oleh kaum perempuan. Saya merasa senang dan bangga karena para Lansia di desa ini begitu antusias dan bersemangat untuk mengikuti kegiatan termasuk kegiatan saat ini," ungkapnya. (surya) 

Berita Lainnya

Index