9 Penghulu di Rohil Hasil Pilpeng Serentak Dilantik

9 Penghulu di Rohil Hasil Pilpeng Serentak Dilantik

ROHIL - Delapan datuk penghulu dan satu datin penghulu hasil pemilihan penghulu (Pilpeng) serentak tahap III tahun 2020 resmi dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hilir (Rohil) Drs H Jamiludin. Penghulu pilihan masyarakat tersebut telah di SK oleh Bupati Rohil. 

Kegiatan itu berlangsung di Gedung H Misran Rais, Bagansiapiapi, dihadiri Forkopimda dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Rohil, Kamis (21/1/2021).

Sembilan penghulu yang dilantik diantaranya, Penghulu Melayu Besar Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Penghulu Suka Maju Kecamatan Bagan Sinembah, Penghulu Suka Jadi Kecamatan Pujud, Penghulu Pematang Ibul Kecamatan Bangko Pusako, Penghulu Pulau Halang Belakang Kecamatan Kubu Babussalam.

Serta empat penghulu dari Kecamatan Tanah Putih yaitu, Penghulu Teluk Mega, Penghulu Sekeladi Hilir, Penghulu Manggala Sakti, dan Penghulu Manggala Sempurna. 

Wabup Jamiludin dalam sambutannya mengungkapkan bahwa penghulu merupakan ujung tombak kepala daerah di lapangan untuk menjalankan pemerintahan dan pembangunan daerah. 

Untuk itu, ia berharap kepada penghulu yang baru dilantik agar membangun wilayahnya masing-masing serta memperhatikan kesejahteraan masyarakat.

"Penghulu juga merupakan pilar kami sebagai kepala daerah, karena dari penghulu berlanjut ke kecamatan dan kabupaten. Semoga amanah dan tanggung jawab dalam menjalan tugas," ujar Wabup. 

Pada kesempatan itu, Wabup Jamiludin juga mengucapkan terima kasih kepada plt penghulu yang sebelumnya telah mengemban amanah dan tugas yang diberikan. Plt penghulu juga telah menjalankan tahapan proses pemilihan penghulu di wilayahnya masing-masing.

Kemudian yang tak kalah penting, sebut dia, penghulu-penghulu yang baru ini kembali merangkul masyarakat sehingga bersama-sama dalam membangun desa.

"Penghulu dan aparatur kepenghuluan juga dapat bekerjasama dengan BPKep dalam menjalankan roda pemerintahan desa," ucap Jamiludin. (ari)

Berita Lainnya

Index