Dishub Pekanbaru Lakukan Pendampingan ke Manajemen Baru Pengelola Perparkiran

Dishub Pekanbaru Lakukan Pendampingan ke Manajemen Baru Pengelola Perparkiran
Kepala Dinas Perhubungan Pekanbaru, Yuliarso

PEKANBARU - Terhitung sejak awal tahun ini Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, telah menyerahkan pengelolaan parkir pada pihak ketiga. 

PT. Datama selaku pihak ketiga pemenang lelang, mengelola parkir dari 88 ruas jalan di Kota Pekanbaru. 

"Dengan potensi parkir diperkirakan Rp36 miliar. Itu terdiri dari 88 ruas jalan yang mereka kelola," ujar Kepala Dishub Kota Pekanbaru Yuliarso, Minggu (17/1). 

Ia mengungkapkan, pihak ketiga pemenang lelang ini bakal melakukan pengelolaan parkir hingga lima tahun ke depan.

Sesuai kesepakatan dan ketetapan dari Dishub Kota Pekanbaru dengan PT. Datama, dari potensi Rp36 miliar tersebut, pihak PT. Datama wajib menyetorkan kepada Dishub Kota Pekanbaru sebesar 30,05 persen atau sejumlah Rp11 miliar per tahun.

"Untuk saat ini kita (Dishub) masih lakukan pendampingan. Pengawasan akan terus berlangsung kedepannya," terang Yuliarso. 

Pihaknya melakukan pendampingan manajemen baru ke lapangan. Hal itu dilakukan dalam masa peralihan dari manajemen yang lama yang dikelola langsung oleh Dishub kepada manajemen baru. 

"Hanya manajemen berganti. Jukir (juru parkir) yang lama masih ada di berdayakan," jelasnya. 

Adanya kerjasama dengan pihak ketiga, ditambahkan Yuliarso, memberi kepastian kepada pemerintah kota terkait pemasukan bagi kas daerah dari parkir. Karena selama ini pemasukan dari parkir belum tergarap maksimal. 

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index