KODIM 0302/INHU, KORAMIL 05/PERANAP

Empat Hari Inhu Di Guyur Hujan, Serda Rico Himbau Warga Tetap Waspada

INHU - Musim hujan Membasahi Bumi Kecamatan Peranap sejak beberapa hari yang lalu dikuatirkan akan meluap ke pemungkiman masyarakat, Babinsa Serda Rico Maihartanto himbau masyarakat yang tinggal ditepi sungai tetap waspada dalam melakukan aktivitas sehari-hari. 
 
"Akibat hujan, air sungai Indragiri dikhawatirkan akan meningkat dari pada batas normal. Hal tersebut tentunya bisa menjadi potensi terjadinya banjir akibat luapan air sungai," ujar Serda Rico Maihartanto saat meninjau lokasi Rawan Bajir Rabu, 13 Januari 2021.
 
Pria yang akrab disapa Bang Riko itu juga menjelaskan, salah satu faktor terjadinya Banjir karena tingginya curah hujan yang dapat menambah debet air sungai Indragiri sehingga terjadinya bencana Banjir. 
 
Bila air sungai Indragiri sudah meluap kepemungkiman diharapkan kepada masyarakat agar melakukan beberapa tindakan diantaranya, Pindahkan barang-barang atau perabotan rumah ke tempat yang lebih tinggi yang tidak terjangkau oleh genangan air, segera padamkan aliran listrik, bersiaplah untuk kemungkinan mengungsi, jika debet air terus bertambah segeralah mengungsi ke tempat yang aman atau ke tempat yang telah ditentukan oleh pemerintah setempat, Jika ada imbauan mengungsi, segera lakukan dengan tetap tenang dan tertib, Jika terjebak dalam rumah, cobalah untuk tenang berusahalah untuk mencari pertolongan dengan menghubungi kerabat, tetap menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. ujar Serda Rico Maihartanto

Ketika ditanya terkait kondisi volume air sungai saat ini,  Serda Rico menjelaskan bahwa kondisinya mengalami peningkatan. 

"Emapat hari terakhir ini hujan terus mengguyur sehingga Volume Air bertambah berkisar 15 hingga 20 Cm dibandingkan hari sebelumnya. Yang jelas kita harus antisipasi dan waspada. 

"Kita akan selalu terus siaga dan antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," tutup Serda Rico Maihartanto. 






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar