KODIM 0302/INHU, KORAMIL 05/PERANAP

Antisipasi Dini, Koptu Wanudin dan Rombongan Sosialisasikan Cegah Karhutla

Antisipasi Dini, Koptu Wanudin dan Rombongan Sosialisasikan Cegah Karhutla

INHU - Pencegahan dini Kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla), Koramil 05/Peranap kembali melakukan kegiatan Sosialisasi rutin kepada masyarakat Kecamatan Peranap, Selasa 12 Januari 2021.

Kegiatan tersebut pimpin oleh Koptu Wanudin bersama beberap rekanya dari Koramil 05/Peranap.

Koptu Wanudin saat dikonfirmasi Selasa (12/01) mengatakan, pencegahan dini antisipasi terjadi Karhutla wilayah Kecamatan Peranap akan terus dilakukan guna meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya bagi warga yang ingin membuka lahan supaya dapat mengantisipasi terjadinya Karhutla.

Meski saat ini wilayah Kabupaten Inhu saat masuk pada tahap musim hujan namun sosialisasi ini akan terus disampaikan kepada warga setidaknya warga dapat  memahami dampak dan akibat dari bencana Karhutla.

Bencana Karhutla tersebut dapat terjadi Karena Dua faktor, pertama faktor alam dan ke Dua karena ulah tangan manusia itu sendiri. Kebakaran akibat faktor alam dipengaruhi tingginya suhu panas akibat kemarau berkepanjangan akan tetapi sangat kecil kemungkinan yang dapat menimbulkan kebakaran luas.

Dalam Realitanya kebakaran hutan skala besar dapat terjadi akibat ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab, hal ini di picuh oleh kegiatan membuka lahan dengan cara membakar. jelas Koptu Wanudin Kepada Riaukarya.com

Pada Kesempatan tersebut saat diwawancari Riaukarya.com Koptu Wanudin menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kecamatan Peranap mari bersama-sama jaga alam niscaya alampun akan jaga kita.

"Kalau tida kita menjaganya siapa lagi dan kalau tidak mulai dari sekarang kapan lagi," papar Wanudin.

Danramil 05/Peranap Kapten Inf Kadarisman saat ditemui ruang kerjanya berikan apresiasi kepada seluruh Babinsa sangat antusias men sosialisasikan pencegahan Karhutla kepada masyarakat, semoga dengan ada kegiatan tersebut masyarakat dapat memahami dampak dan akibat dari bencana Karhutla.

"Kita semuah berharap semoga tahun 2021 ini dan untuk seterusnya tidak ada lagi bencana Karhutla di Kabupaten Inhu khususnya Kecamatan Peranap", tutup Kadarisman Danramil 05/Peranap.

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index