Musim Hujan, Kalaksa KPBD Inhu Himbau Masyarakat Waspada

Kalaksa KPBD Inhu, Erguspian

INHU - Musim hujan melanda Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) sejak beberapa hari yang lalu, untuk mengantisipasi meningkatnya debit air sungai, Kepala Pelaksana (Kalaksa) Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu, Erguspian S.Sos mengimbau masyarakat agar tetap waspada dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
 
"Akibat hujan, air sungai Indragiri dikhawatirkan akan meningkat daripada batas normal sungai. Hal tersebut tentunya bisa menjadi potensi terjadinya banjir akibat luapan air sungai," ujar Erguspian saat dikonfirmasi via seluler, Senin 11 Januari 2021.
 
Pria yang akrab disapa Pak Iyan ini juga menegaskan, banjir tidak hanya terjadi karena volume air yang tinggi tetapi juga bisa disebabkan karena banyaknya sampah yang tercemar di sungai maupun di saluran-saluran air yang bisa berpotensi banjir.
 
"Demi menghindari dari yang namanya banjir luapan, kita himbau kepada masyarakat juga agar tidak buang sampah sembarangan. Jangan buang sampah disalurkan air, itu salah satu penyebab terjadinya banjir," tegasnya. 

Selain itu, Pak Iyan juga menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan masyarakat menyikapi ancaman banjir ini, terutama bagi masyarakat yang berada diwilayah Daerah Aliran Sungai (DAS).

Pertama, masyarakat harus rajin memantau berita cuaca setiap hari, Kedua, Amankan barang-barang ke tempat yang lebih tinggi, Ketiga, simpan surat-surat berharga dengan aman, misalnya sertifikat tanah, ijazah, dan lain-lainnya.

Ketika ditanya terkait kondisi volume air sungai saat ini, Pak Iyan menjelaskan bahwa kondisinya mengalami peningkatan.

"Beberapa hari ini hujan terus mengguyur sehingga volume air meningkat. Yang jelas kita harus waspada dan sesuai arahan Bupati Inhu H. Yopi Arianto, kami dari KPBD senantiasa siagakan pasukan untuk melakukan tindakan apabila hal-hal yang tidak diinginkan terjadi," tegasnya.***






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar