Plh Sekdaprov Riau Pantau Progres Pengadaan Tanah Tol Jambi-Rengat

Plh Sekdaprov Riau Pantau Progres Pengadaan Tanah Tol Jambi-Rengat

INHU - Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Masrul Kasmy selaku Ketua Tim Persiapan Pengadaan Tanah Provinsi Riau melakukan pemantauan lapangan terhadap progres tahapan pengadaan tanah pembangunan ruas tol Jambi-Rengat, Minggu (10/1/2021).

Kunjungan lapangan yang dilaksanakan di Desa Sundai Dawu, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu, itu merupakan titik alhir dari ruas tol Jambi-Rengat sepanjang 198 kilometer, sekitar 82 kilometer berada dalam wilayah Provinsi Riau. Sedangkan ruas tol Rengat-Pekanbaru sepanjang 206 kilometer keseluruhannya masuk dalam wilayah Provinsi Riau.

Dalam kunjungan lapangan, Masrul Kasmy meminta dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) melalui Camat dan Kepala Desa setempat untuk melaksanakan tahapan-tahapan pengadaan tanah sesuai Juknis yang ada. Oleh karena tahapan yang sedang dilalui telah masuk tahap pelaksanaan pengadaan tanah yang merupakan tugas pokok Badan Pertanahan agar didukung sepenuh sesuai kewenangan yang diamanatkan.

"Dukungan Pemkab terutama Camat dan Kades sangat diperlukan dalam tahap demi tahap pengadaan tanah kepentingan umum. Saat ini, untuk ruas tol Jambi-Rengat sudah ditahap pelaksanaan, dan ini tupoksinya lembaga pertanahan/BPN, mari kita dukung sesuai kewenangan masing-masing," ungkapnyal.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau yang diwakili oleh Kepala Seksi Pertanahan Matnuril menerangkan bahwa pelaksanaan pengadaan tanah ruas tol Jambi-Rengat telah dimulai Panitia Pelaksanaan/P2T sejak tanggal 5 Januari 2021 dan Satgas A sudah ditugaskan Kepala Kantor Pertanahan Provinsi Riau.

"Berdasarkan pemberitahuan langsung pelaksanaan pengadaan tanah yang dilaksanakan pada tanggal 5-7 Januari lalu, Satgas A sudah ditugaskan oleh pak Kakanwil BPN Provinsi Riau. Kita dukung bersama agar inventarisasi dan identifikasi yang dilaksanakan Satgas A berjalan lancar," pungkas Nuril.

Usai memberikan pengarahan, Plh Sekdaprov Riau Masrul Kasmy beserta instansi terkait lingkup Pemkab Inhu langsung meninjau patok Centerline (CL) ruas tol Rengat-Jambi di wilayah Desa Sungai Dawu. Turut serta mendampingi Asisten 1 Setdakab Inhu, Kepala Dinas PUPR Inhu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Inhu, Camat Rengat Barat, dan PT.Hutama Karya dan Kades Sungai Dawu.***

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index