Terjun Dalam Perawatan Kacang Tanah, Serda Harmilus Bantu Penani Bersihkan Rumput

Terjun Dalam Perawatan Kacang Tanah, Serda Harmilus Bantu Penani Bersihkan Rumput

INHU - Sebagai wujud dalam mensukseskan Ketahanan Pangan, Serda Harmilus dari Koramil 03-Seberida, Kodim 0302-Inhu, terjun langsung membantu petani bersihkan rumput pada tanaman kacang tanah milik warga Pematang Lancang, Kelurahan Pangkalan Kasai, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu, Selasa (29/12/20).

Sebagai TNI harus benar-benar mengilhami dan meresapi kedekatannya dengan rakyat, yaitu dengan turun kelapangan dan ikut merasakan suka bersama para petani. 

Sebagai Babinsa, kegiatan pendampingan pertanian terhadap petani diwilayah teritorialnya betul-betul di jalani tugasnya dengan penuh rasa tanggung jawab, salah satunya dengan turun langsung lapangan membantu dalam merawat tanaman kacang tanah yang terdapat di desa binannya itu.

"Kegiatan ini merupakan tugas yang telah dibebankan kepada kami dalam membantu  keberhasilan program pemerintah mensukseskan ketahanan pangan nasional, terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini," ucap Serda Harmilus. 

Kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pertanian di wilayah binaan, para babinsa harus mengetahui dan aktif, bukan hanya aktif di lapangan tetapi hal-hal yang bersifat teknis serta teori tentang pertanian harus dapat di ketahuinya.

Adapun tujuan pembersihan gulma tersebut agar tanaman kacang tanah bisa tumbuh normal tanpa ada saingan atau sejenis parasit yang merugikan.  Sebabnya, tanaman gulma tersebut dapat merebut atau mengurangi asupan makanan yang dibutuhkan pada tanaman kacang tanah tersebut.

"Setiap tanaman memerlukan perawatan dan pemeliharaan, tak terkecuali pada tanaman kacang tanah ini, diantaranya adalah pemupukan, penyemprotan hama, penyiangan tanaman atau pembersihan gulma tanaman. Sehingga pertumbuhannya menjadi subur dan tentunya akan mandapatkan hasil produksi yang memuaskan," papar Serda Harmilus. 

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index