Danau Kembar, Dikunjungi Ribuan Wisatawan

Luar Biasa, Pokmas Desa Kelesa, Inhu Bangun Destinasi Wisata

INHU - Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau, memang semarak dalam peningkatan pembangunan desa. Yang paling menonjol adalah dalam hal penyediaan tempat rekreasi atau tempat wisata yang menarik.

 Sebut saja beberapa tempat wisata di Kecamatan Seberida ada Tembulun Kinutan, Tembulun Berasap dan taman wisata. 

Tapi, sekarang yang bergeliat adalah  tempat wisata baru di Desa Kelesa kecamatan Seberida adalah dengan hadirnya nuansa baru berwisata yaitu Danau Kembar yang kurang lebih sudah beroperasi sekitar 6 bulan ini. 

 Destinasi yang hadir ciamik ini patut diacungi jempol. Pasalnya, selain menambah pilihan bagi masyarakat yang ingin menyegarkan pikiran diwaktu libur, terbentuknya destinasi wisata ini berawal dari ide kreatif Kelompok Masyarakat (Pokmas) Desa Kelesa.

 "Sampai saat ini tempat ini masih dikelola oleh kelompok masyarakat secara swadaya yang diketuai oleh Yasifan," terang Bunga salah satu penjaga stand foto yang tak mau disebutkan namanya.
 
Sebut Bunga, "Pengelola keuangan dilakukan oleh pengurus untuk mengatur pekerja dan pembangunan selanjutnya yang masing-masing ada porsinya," tambahnya saat di konfirmasi dilokasi wisata pada Ahad (27/12/20).

Destinasi wisata alam Danau Kembar yang hanya sekitar 3 km dari jalan lintas timur Desa Kelesa melalui jalan tanah ini menyajikan pemandangan yang eksotis dengan keberadaan dua buah danau yang berdampingan sehingga disebut Danau Kembar. Kedua danau ini hanya dibatasi oleh jalan yang membujur dari barat ke timur-laut selebar sekitar 10 sampai 15 meter.

"Lebar danau sebelah Utara luasnya berkisar 50 ha dan sebelah selatan sekitar 20 hektar" ujar penjaga parkir mobil yang sudah lebih sebulan bekerja di tempat ini.

Pinggiran danau di tumbuhi oleh semak perdu hingga hutan  muda yang menghijau. Beberapa bagian ditanam akasia dan sengon."Cukup terjaga lingkungannya, kedepan bisa bagus tempat ini," ujar Siswoyo SE, salah satu wisatawan yang berasal dari Jambi Kota.

Di tempat destinasi wisata ini juga tersedia tidak kurang dari 20 kios atau warung yang menyediakan makanan dan tidak kurang ada 10 framestand untuk berfoto-foto dan selfi disediakan pengelola. Selain itu ada 4 perahu bebek dan 12 pompong yang siap mengantar pengunjung mengelilingi danau yang panjangnya lebih dari 2 km.

"Salah satu penunjangnya adalah mudah dijangkau dan kendaraan mobil sampai ke lokasi dan jalanpun pada saat ini cukup bagus sehingga bisa membawa keluarga," terang ibu Rani salah satu pengunjung lainnya yang datang bersama keluarganya mengendarai mobil.

Pengunjung pada hari Minggu ini diperkirakan lebih dari seribu orang dengan kendaraan mobil lebih dari 300 mobil dan lebih dari 400 motor dengan karcis masuk Rp.5.000 per orang saja sudah termasuk parkir.

Lebih jauh melihat ke dalam semakin terlihat keramaian dan  keindahan alami danau yang dulunya adalah bekas galian tambang batubara PT. Bara Harum yang telah direboisasi sehingga aman bagi pengunjung.

Walau disayangkan plang nama objek wisata ini di Jalan Lintas Timur Desa Kelesa  tergolong minim. Kunjungilah Obyek Wisata Danau Kembar Desa Kelesa yang kian dikenal ini. Salut untuk Pokmas Desa Kelesa.(surya/toni)






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar