Dinas PMD Inhu Dorong Pengembangan Ekonomi Masyarakat Talang Mamak Melalui BUMDes

INHU - Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riswidiantoro berkesempatan menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan diskusi bersama dengan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) dan Warsi.

Diskusi tersebut merupakan bentuk sinergi para pihak terkait dalam pemberdayaan masyarakat Talang Mamak di sekitar kawasan TNBT.

Pertemuan yang digelar di lantai empat kantor Bupati Inhu pada Kamis (17/12/2020) tersebut juga melibatkan Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Inhu dan sejumlah perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. 

Dalam pemaparannya, Riswidiantoro menyampaikan bahwa pengembangan perekonomian masyarakat Talang Mamak di sekitar kawasan TNBT dilakukan dengan menggandeng BUMDes setempat.

Seperti diketahui bahwa masyarakat Talang Mamak memiliki potensi kerajinan tangan yang besar. Sehingga hasil kerajinan tangan tersebut bisa dipasarkan melalui Bumdes setempat. "Hasil kerajinan tangan masyarakat Talang Mamak bisa dipasarkan melalui Bumdes setempat," katanya. 

Pada pertemuan tersebut juga sempat diperkenalkan sejumlah hasil kerajinan tangan masyarakat Talang Mamak.

Beberapa diantaranya sapu ijuk, sapu lidi, cangkir tempat minum dan hingga tempat tisu. Semua karya hasil kerajinan tangan masyarakat Talang Mamak tersebut dibuat dari bahan-bahan yang bersumber dari hutan TNBT. 

Robet Aritonang, koordinator Warsi yang hadir pada pertemuan tersebut mengungkapkan bahwa pihaknya telah membina masyarakat Talang Mamak untuk mengembangkan budi daya pinang. 

Namun Robet menyampaikan bahwa masyarakat Talang Mamak di sekitar TNBT memang sangat membutuhkan pelayanan publik baik berupa pelayanan kesehatan maupun pendidikan dan pelayanan kependudukan.

"Mereka suku adat Talang Mamak memang masih sangat memprihatinkan. Mereka masih jauh dari akses dan pelayanan publik seperti pendidikan dan kesehatan," ujarnya. 

Sementara itu Ketua LAM Inhu, Marwan MR mendorong agar dibentuk forum koordinasi untuk membahas persoalan di suku Talang Mamak. Menurutnya persoalan suku Talang Mamak di sekitar TNBT bukan hanya pendidikan dan kesehatan.

Namun sebagai pimpinan lembaga adat di Inhu dirinya menyarankan agar juga diperhatikan soal pembangunan kebudayaan masyarakat Talang Mamak.***
 






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar