Periode 2-8 Desember Harga Jual Sawit di Riau Turun

Petani sawit Riau / foto: fb Edi Priyanto Maryadi

RiauKarya.com - Harga jual buah tandan segar (BTS) kelapa sawit periode 2-8 Desember 2020 mengalami penurunan pada setiap kelompok umur di Provinsi Riau. Jumlah penurunan terbesar terjadi pada kelompok umur 10-20 tahun sebesar Rp31.51/kg atau mencapai 1.44 persen dari harga minggu lalu. 

Kepala Dinas Perkebunan Riau Zulfadli mengatakan, dengan penurunan harga tersebut, harga pembelian kelapa sawit petani untuk periode satu minggu kedepan turun menjadi Rp2.150,36/Kg. Penurunan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal.

"Untuk faktor internal, penurunan harga TBS periode ini dengan persentase yang sedikit disebabkan oleh terjadinya penurunan harga jual CPO dan kenaikan harga kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data," kata Zulfadli, Selasa (1/12/2020).

Untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami penurunan harga sebesar Rp. 151,60/kg, Sinar Mas Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 233,26/Kg, PT. Astra Agro mengalami penurunan harga sebesar Rp. 94,00/kg, PT. Asian Agri Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 154,90/Kg.

"Sementara dari faktor eksternal, turunnya harga TBS minggu ini karena harga minyak sawit mentah (CPO) Malaysia terkoreksi pada perdagangan pagi awal pekan ini Senin (30/11/2020) usai menguat 1,52% sepanjang minggu lalu," sebutnya.

"Harga sawit melemah karena malaysia saat ini tidak memiliki rencana untuk memperpanjang pembebasan pajak atas minyak sawit yang akan berakhir pada 31 Desember, mengutip Kementerian Industri Perkebunan dan Komoditas negara tersebut," lanjut Zulfadli.(mcr)






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar