Bupati Kampar ; Mengurangi Peredaran Narkoba juga Perlu Dibentuk Penyuluh Narkoba

Bupati Kampar ; Mengurangi Peredaran Narkoba juga Perlu Dibentuk Penyuluh Narkoba
Penyuluhan pencegahan peredaran minuman keras dan narkoba

KAMPAR - Dalam mengantisipasi penyebaran penyalahgunaan Narkoba khususnya di kabupaten kampar, maka dalam hal ini sepertinya juga perlu adanya penyuluh disetiap wilayah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto,SH saat membuka Penyuluhan Pencegahan Peredaran/Penggunaan Minuman Keras dan Narkoba Kabupaten Kampar tahun 2020 di Labersa Grand Hotel dan Convention Center Siak Hulu,  Selasa (24/11/30).
 
Saat ini kita tidak akan membangun infratrusktur saja, tetapi juga ke depan kita juga harus membangun program sosial termasuk dalam penanganan penyalahgunaan narkoba. Artinya ketika ada penyuluh di bidang peternakan dan pertanian maka penting juga di bentuk penyuluh narkoba. 

Akan tetapi ketika apabila narkoba merebak, mana ada penyuluh. Untuk itu, dengan adanya kegiatan ini hendaknya ke depan ada juga yang namanya penyuluh narkoba di setiap Kecamatan yang nantinya bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat.

Kita ketahui bersama, bahwa dahulu bercerita masalah narkoba itu pasti hanya akan melibatkan orang-orang kaya atau kalangan elit, karena dulu narkoba harganya mahal dan bisa dapatkan kalangan elit saja. Akan tetapi saat ini malah peredaran yang sangat tinggi di kalangan masyarakat biasa atau pedesaan. 

"Untuk Penyuluhan dan pembinaan adalah tindakan yang dipandang perlu oleh masyarakat saat ini. Untuk itu diharapkan penyuluhan ini dapat diikuti dengan serius, agar ilmu yang berikan dipahami dengan baik. Sehingga nantinya para peserta bisa menjadi duta atau penyuluh yang bisa memberikan tindakan dalam pencegahan peredaran narkoba," terang Catur.

Sementara itu Ketua Komisi I DPRD Kampar M Anshar, S.Ag, M.Pd yang sempat hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan dukungan terhadap kegiatan ini. Dimana kampar sendiri saat ini terlihat sudah mewabahnya peredaran narkoba sampai ke tingkat Desa.

Sementara Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kampar Ardi Mardiansyah, S.STP, M.Si dalam laporannya menyampaikan, bahwa tujuan dari kegiatan ini merupakan untuk memberikan pemahaman dalam pencegahan penyebaran narkoba khususnya di Kabupaten Kampar.

Kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 23 - 27 November tersebut,  diikuti sebanyak 21 orang dari setiap Kecamatan serta sebanyak 11 orang dari relawan yang memiliki jiwa pemberantasan narkoba. Adapun sebagai pemateri pada kegiatan tersebut adalah Drug Advisory Programe Of Colombo Plan Erry Wijoyo Dan United Nations Office on Drugs And Crime Narendra Narotama dari Jakarta.

Usai membuka penyuluhan, Bupati kampar langsung meninjau Pusat Terapi dan Rahabilitas Narkoba Tb Satu yang terletak di Desa Teratak Buluh Siak Hulu. Dimana 
Tb Satu yang dikelolah oleh ketua Komisi I DPRD Kampar tersebut baru berjalan lebih kurang 8 bulan dan telah membina korban penyalahgunaan narkoba sebanyak 27 orang.

Bupati kampar menyatakan berterimakasih dan mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh anggota DPRD kampar tersebut. Dimana dengan sendirinya telah berbuat untuk  masyarakat kampar dan Riau pada umumnya. Pada kesempatan tersebut Catur Sugeng bedialog dengan semua binaan, meninjau seluruh ruangan dan rangkaian rutinitas kegiatan sehari-hari para rehabilitas yang dilihat luar biasa.

#Kampar

Index

Berita Lainnya

Index