Warga Talang Mamak Geruduk Polres Inhu, Ini Penjelasan Kapolres

Warga Talang Mamak Geruduk Polres Inhu, Ini Penjelasan Kapolres
Batin Andan Talang Jerinjing memberikan cindera mata sebagai ucapan terima kasihpada Kapolres Inhu

INHU - Sedikitnya, 15 orang warga suku Talang Mamak yang terdiri Batin atau kepala suku, tokoh adat, tokoh pemuda, sejumlah perempuan bahkan ada anak-anak kecil dari Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat, Kamis 19 November 2020 siang mendatangi Polres Inhu.

Rupanya, kedatangan belasan warga suku Talang Mamak ke Mapolres Inhu yang dikoordinir oleh  Batin Denan selaku ketua adat ini merupakan sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada Kapolres Inhu, AKBP Efrizal S.IK dan keluarga besar Polres Inhu atas kelulusan dua anak suku Talang Mamak dari Desa Talang Jerinjing yakni Andika Swanda dan Anto menjadi polisi pada tahun anggaran 2020 ini.

"Atas nama Batin suku, ketua adat, saya mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Inhu, karena telah membimbing dua anak kami yang telah menjadi polisi," kata Batin Denan dalam sambutannya dihadapan Kapolres Inhu beserta Pejabat Utama (PJU) Polres Inhu.

Kemudian, tokoh pemuda Talang Jerinjing Sudirman, dalam kesempatan itu mengatakan, langkah yang sudah ditempuh oleh Andika Swanda dan Anto akan menjadi motivasi serta pemicu semangat bagi kalangan pemuda Talang Mamak lainnya.

"Ini sejarah bagi kami, sudah 75 tahun Indonesia merdeka baru kali ini ada dua orang anak suku Talang Mamak yang menjadi Polisi," ucapnya dengan nada bergetar.

Kapolres Inhu ketika acara itu mengatakan, Andika Swanda dan Anto anak suku Talang Mamak dari Desa Talang Jerinjing yang telah berhasil menjadi polisi, dengan demikian, mereka sudah syah menjadi bagian keluarga besar Polri.

Diungkapkan Kapolres, ini bukti nyata jika proses seleksi pemerimaan anggota Polri sekarang ini betul-betul bersih dan transparan, Diharapkan penerimaan Polri berikutnya akan lebih banyak lagi anak suku Talang Mamak berhasil jadi polisi.

"Suatu kebanggaan bagi saya sebagai Kapolres, dimasa jabatan saya ada dua anak suku Talang Mamak yang lulus jadi polisi, hal juga harus menjadi kebanggan tersendiri bagi orang tua, tokoh adat dan masyarakat suku Talang Mamak," kata Kapolres.

Setelah itu, belasan warga suku Talang Mamak ini menggelar kesenian silat adat suku Talang Mamak sebagai bentuk ucapan terima kasih, tidak hanya bersilat mereka juga membawa peralatan musik tradisional.

Selanjutnya warga suku Talang Mamak ini memberikan ayam kepada Kapolres serta berbagai jenis hasil kerajinan tangan khas suku Talang Mamak seperti tikar, bakul dan lainnya.

Sebagai mana diketahui, dua anak suku pedalaman Talang Mamak Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat, lulus menjadi Bintara Polisi tahun anggaran 2020. Kedua anak suku Talang Mamak tersebut adalah Anto anak pasangan dari Panggelang dan Habibun serta Andika Swanda anak dari pasangan Tarmizi dan Mini.
Keduanya merupakan anak petani  karet yang sangat sederhana.

Dua anak suku pedalaman Talang Mamak asal DesaTalang Jerinjing itu lulus dari Rekrutmen Program (Retpro) khusus suku pedalaman dan berprestasi sampai ketingkat Nasional namun sebelumnya sudah dibina secara fisik dan non fisik oleh anggota Bhabinkamtibmas Desa Talang Jerinjing, Brigadir Komarudin (ril)

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index