Dalam Rangka HUT PGRI dan HGN, PC PGRI Seberida Taja Pelatihan Guru Berbasis TIK

Camat Seberida Roma Doris saat membuka pelatihan guru dengan tema "Media pembelajaran berbasis TIK dimasa pandemi" yang berlangsung di SDN 017 Titian Resak

INHU - Dalam rangka HUT PGRI yang ke 75 dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2020, Pengurus Cabang (PC) PGRI Kecamatan Seberida taja Pelatihan Guru dengan materi "Media Pembelajaran Berbasis TIK di Masa Pandemi", Rabu (18/11/2020) di SDN 017 Titian Resak. 

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Camat Seberida Roma Doris SS M.PS M.Eng, dan dihadiri oleh Ketua Pengurus Daerah (PD) PGRI Kabupaten Inhu, Eka Satria SS M.Si yang diwakili Seksi Bidang Organisasi Sri Hardono S.Pd Sd M.Si, Ketua PC PGRI Kecamatan Seberida Sutarno M.Pd, para Kepala Sekolah serta para peserta pelatihan yang berjumlah 44 peserta mulai dari guru tingkat RA/TK, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. 

Dalam kegiatan tersebut, dipandu oleh pemateri atau instruktur Deris Susianto S.Pd Sd guru SDN 011 Titian Resak dan Alus Mushar Laily S.Pdi guru SMPN 1 Seberida. 

Dalam arahannya Ketua PC PGRI Kecamatan Seberida Sutarno M.Pd mengharapkan, dimasa pandemi Covid-19 ini, para guru hendaknya untuk mengikuti dan menguasai pembelajaran secara daring. 

Para peserta sangat antusias untuk mengikuti kegiatan, ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Menurut Sutarno, hal tersebut merupakan penanda bahwa semakin banyak guru yang ingin meningkatkan kemampuan pengimplementasian teknologi ke dalam proses belajar dan mengajar.

Kompetensi guru dalam penguasaan teknologi dinilai menjadi semakin krusial, apalagi selama masa pandemi covid-19. Situasi itu memaksa setiap pihak di dunia pendidikan, termasuk guru, berupaya lebih keras demi pembelajaran tetap dapat berlangsung.

"Mereka adalah bibit dari guru-guru penggerak, guru-guru dengan inisiatif dan semangat tinggi untuk terus berpacu dengan tuntutan zaman. Tantangan di masa depan bukan berarti akan lebih mudah," ucap eks Kepala SDN 017 Titian Resak ini.

Dia berharap kemauan mengembangkan diri dan berbagi praktik baik antar guru tidak hanya berlangsung di masa pandemi covid-19. Guru-guru diharapkan mampu terus beradaptasi, sehingga mampu membawa perubahan itu sendiri.

Selain pelatihan kata Sutarno,  dalam HUT PGRI dan HGN ini juga akan diadakan perlombaan untuk tingkat KB, RA/TK, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA.

"Untuk tingkat KB, RA, TK, akan dilombakan lomba menyanyi, untuk tingkat SD/MI baca Puisi, tingkat SMP/MI Deklamasi Puisi dan untuk SMA/MA lomba pidato, dan untuk perlombaan semuanya dilakukan secara vidio virtual," ungkapnya. 

Tambahnya, kata Sutarno seluruh peserta pelatihan mendapatkan sertifikat sebagai tanda bahwa mereka telah mengikuti dengan baik sebagai peserta Pelatihan Guru, dengan harapan setelah mengikuti pelatihan dapat diimplementasikan di sekolahnya masing-masing.

Sementara itu Camat Seberida Roma Doris dalam sambutannya sangat mengapresiasi untuk PC PGRI Kecamatan Seberida, walau dimasa pandemi semacam ini masih bisa mengadakan kegiatan dengan tetap melaksanakan Protkes yang sangat ketat. 

"Semoga PC PGRI Kecamankan Seberida khususnya, Inhu pada umumnya kedepan akan lebih baik lagi dan membawa perubahan-perubahan terutama dalam pendidikan di semua jenjang," harap Camat. 

Kegiatan berakhir sekitar pukul 12.15 WIB, dan semua kegiatan berlangsung aman dan lancar.(surya) 

 





[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar