Bupati Yopi Imbau OPD Bawa Bekal Sendiri saat Pembahasan RAPBD 2021

Bupati Yopi Imbau OPD Bawa Bekal Sendiri saat Pembahasan RAPBD 2021
Bupati Inhu, H. Yopi Arianto

INHU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) sudah menuntaskan rangkaian rapat paripurna Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) murni tahun 2021 pada Jumat (13/11/2020) kemarin. Kedepan masih ada sejumlah agenda pembahasan yang akan dilakukan oleh masing-masing komisi bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Namun saat rapat paripurna kemarin tidak ada makan minum yang disediakan untuk tamu maupun pimpinan dan anggota DPRD Inhu. Wakil Bupati Inhu, Khairizal yang hadir mewakili Bupati Inhu juga tampak membawa air minum sendiri. Hal ini merupakan salah satu dampak dari tidak disahkannya APBD P tahun 2020

Oleh karena itu, saat pelaksanaan pembahasan bersama komisi terkait, Bupati Inhu, H. Yopi Arianto mengimbau agar masing-masing OPD membawa makan minum sendiri. 

"Saya imbau agar OPD membawa bekal makan minum sendiri saat pembahasan bersama komisi," ujar Yopi Arianto, Ahad 15 November 2020.

Yopi menyampaikan imbauan tersebut mengingat kondisi saat ini. "Ini akibat APBD P tidak disahkan, biarlah seperti anak TK," katanga.

Kondisi ini juga dibenarkan oleh Kabag Risalah DPRD Inhu, Rengga Dwi Bramantika. Menurutnya, anggaran makan minum untuk rapat paripurna DPRD dan pembahasan RAPBD tahun 2020 bersama OPD memang sudah tidak ada lagi. 

"Hal ini sudah kita sampaikan saat pembahasan APBD P oleh DPRD kemarin," katanya.

Oleh karena itu selama pelaksanaan rapat paripurna DPRD kemarin tidak ada makan minum yang disajikan. Padahal dalam satu hari itu dilakukan tiga paripurna di jam berbeda, yakni paripurna penyampaian nota keuangan RAPBD tahun 2021 pada pukul 10.00 Wib, kemudian dilanjutkan rapat paripurna pandangan umum fraksi terhadap nota keuangan RAPBD tahun 2021 pada pukul  14.00 Wib, serta rapat paripurna jawaban pemerintah  terhadap pandangan umum fraksi RAPBD tahun 2021 pukul 16.00 Wib. 

Saat penyampaian nota keuangan diketahui jumlah RAPBD Inhu tahun 2021 sebesar Rp 1,4 Triliun. Terdapat penurunan sebesar Rp 21 Miliar dibandingkan tahun sebelumnya.***

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index