Mantap, Dua Anak Suku Talang Mamak Lulus Jadi Polisi

Mantap, Dua Anak Suku Talang Mamak Lulus Jadi Polisi
Dua anak suku pedalaman Talang Mamak asal DesaTalang Jerinjing lulus dari polisi

INHU - Luar biasa perjuangan dua anak suku pedalaman Talang Mamak Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) hingga lulus menjadi Bintara Polisi tahun anggaran 2020.

Kedua anak suku Talang Mamak tersebut adalah Anto anak pasangan dari Panggelang dan Habibun serta Andika Swanda anak dari pasangan Tarmizi dan Mini.
Keduanya merupakan anak petani  karet yang sangat sederhana.

Kapolres Inhu, AKBP Efrizal S.IK melalui PS Paur Humas Polres Inhu Aipda Misran, Sabtu 14 November 2020 menjelaskan, dua anak suku pedalaman Talang Mamak asal DesaTalang Jerinjing itu lulus dari Rekrutmen Program (Retpro) khusus suku pedalaman dan berprestasi sampai ketingkat Nasional.

Dijelaskan Misran, kedua anak suku Talang Mamak tersebut dibina secara fisik dan non fisik sebelum mendaftar menjadi calon Bintara Polri oleh anggota Bhabinkamtibmas Desa Talang Jerinjing, Brig Komarudin.

"Awalnya ada 4 anak Talang Mamak yang ikut pelatihan dan mendaftar, namun hanya 2 orang lulus jadi Bintara Polri," kata Misran

Lebih jauh ia menyampaikan, Panitia Daerah (Panda) penerimaan Bintara Polri Polda Riau telah mengumumkan hasil kelulusan seleksi Bintara Polri tahun 2020 sebanyak 292 orang yang terdiri dari 266 pria dan 6 orang wanita.
Dari 292 lulusan Bintara Polri itu, 20 diantaranya berasal dari Kabupaten Inhu, termasuk 2 anak suku Talang Mamak.

"Ini merupakan bukti nyata jika paradigma lama sudah mulai memudar, dulu suku pedalaman dan masyarakat awam takut dengan polisi, justru sekarang suku pedalaman sudah banyak menjadi polisi, mudah-mudahan kedepan jumlah anak suku pedalaman di Inhu yang lulus polisi bertambah," tutup Misran (ril)

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index