Pembangunan

3 Km Jalan PU Diswadaya Masyarakat

3 Km Jalan PU Diswadaya Masyarakat
Ketua Pelaksana Kegiatan Swadaya Jalan PU di desa Kepayang Sari, Mardani alias Corong (kanan) dan Aparat pemerintahan desa saat berada di jalan lapangan.

BATANGCENAKU - Sepanjang 3 km jalan PU atau jalan umum daerah di wilayah kecamatan Batang Cenaku diswadaya masyarakat. Jalan itu tepatnya poros desa Kepayang Sari menuju kilometer 40, dusun Sei Arang.

Pekerjaan dilakukan sejak sebulan lalu dan saat ini jalan yang menjadi satu satunya tumpuan transportasi masyarakat desa itu sudah dalam kondisi lebih baik dari sebelumnya. Dimana diketahui sebelumnya jalan itu tak bisa dilalui sepeda motor, apalagi oto roda empat.

Pelaksan pekerjaan, Mardani alias Corong saat dikonfirmasi awak media ini membenarkan pihaknya telah berjibaku menuntaskan gerakan swadaya di jalan poros desanya tercinta itu, Selasa (20/10) sekira pukul 09.00 WIB. Menurut Corong yang juga diketahui sebagai Kepala dusun itu mengatakan jika swadaya dilakukan dengan kesepakatan biaya sebesar 50 ribu rupiah yang ditarik dari masyarakat.

Hingga upaya perbaikan jalan itu mampu mengumpulkan biaya sebanyak 30 juta rupiah. Corong mengaku bahagia melihat keberhasilan warga desa yang rela berkorban itu. Corong memaklumi jika dalam suasana seperti saat ini tak harus merengek pada pemerintah untuk menanggulangi kerusakan jalan PU  di desanya.

Corong pun mengatakan tak hanya perbaikan saja yang tengah ia fikirkan. Melainkan jalan itu juga bakal diadakan pengerasan dengan batu atau krokos. Corong mengaku kegiatan tersebut juga didukung oleh Kepala desa Kepayang Sari, Mat Jhon, " setelah ini kami akan melakukan pengerasan dan tetap akan meminta persetujuan pak Kades " kata Corong.

Corong dkk berharap ke depan agar pemerintah menjadikan sarana transportasi masyarakat menjadi kebutuhan yang diprioritaskan. Sehingga masyarakat tak lagi menhadi bulan bulanan keadaan. Menurut Corong, dampak buruk dari kondisi seperti halnya jalan rusak memang langsung terasa oleh masyarakat khususnya di bidang ekonomi, " jalan rusak ekonomi kami juga rusak " tutup Corong. (by)

Berita Lainnya

Index