Bupati Yopi Hadiri Cuci Kampung Basuh Nagori di Desa Alim

Bupati Yopi Hadiri Cuci Kampung Basuh Nagori di Desa Alim

INHU - Bupati Indragiri Hulu, H Yopi Arianto lakukan kunjungan kerja ke Desa Alim, Kecamatan Batang Cenaku, Kamis (15/10/2020).

Kunjungan ini dalam rangka memenuhi undangan untuk hadir dalam acara tradisi adat masyarakat Desa Alim Cuci Kampung Basuh Nagori.

acara yang dipusatkan di lapangan sepakbola depan Kantor Desa itu juga turut dihadiri para batin, baik dari Desa Alim maupun beberapa desa tetangga dan seluruh masyarakat Alim

Hadir juga dalam kesempatan itu, ketua LAM Inhu, Camat Batang Cenaku, Kapolsek, Babinsa serta organisasi kepemudaan.

Tradisi cuci kampung basuh nagori sejatinya merupakan tradisi yang rutin digelar oleh masyarakat Desa Alim.

 "Alhamdulillah tahun ini acaranya lebih besar dengan dihadiri Bapak Bupati," terang Batin Adat Desa Alim Hendri Alpian.

Tradisi ini sebagai wujud pembersihan diri dimana sebagai manusia dalam perjalanan hidup tentunya kita pernah berbuat salah dan dosa.

"Ibarat pepatah tak ada gading yang tak retak. Sama halnya kita manusia dimana dalam perjalanan hidup pasti pernah melakukan kesalahan dan berdosa. Dan perbuatan itu juga ada hukumannya," tambah Batin Hendri Alpian.

Dalam kesempatan itu, Batin Hendri juga menyampaikan agar tradisi cuci kampung basuh nagori ini kedepannya dapat dimasukan dalam agenda pemerintah sebagai upaya menjaga dan merawat adat istiadat melayu.

Senada dengan itu, Ketua LAMR Inhu Datuk Seri Marwan yang turut hadir mendampingi Bupati, menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan kegiatan ini.

Baginya, terlaksananya kegiatan ini menjadi wujud semangat para pemangku adat yang turut didukung oleh unsur pemerintah desa dan kecamatan.

"Kami dari LAMR Inhu akan mendukung upaya-upaya untuk memelihara tradisi termasuk cuci kampung basuh nagori maupun sejarah-sejarah adat Desa Alim" terang Ketua LAMR Inhu.

Sementara itu, Bupati Inhu H Yopi Arianto mengapresiasi kegiatan Cuci Kampung Basuh Nagori sebagai tradisi adat istiadat masyarakat   Desa Alim.

Bupati yang hoby memakai sandal jepit ini juga sangat mendukung upaya dalam rangka pemeliharaan adat istiadat maupun tradisi yang menjadi kebiasaan adat masyarakat dari mulai tradisi perkawinan sampai pemeliharaan kampung.

Makan bersama menjadi penutup seluruh rangkaian acara yang digelar siang hingga sore  itu.(rls)
 





[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar