Bupati Inhu Minta PGPI Andil Jaga Kerukunan

Bupati Inhu Minta PGPI Andil Jaga Kerukunan

INHU - Bupati Indragiri Hulu H Yopi Arianto SE meminta keikutsertaan Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) Indragiri Hulu andil dalam menjaga kerukunan umat beragama di Inhu. Hal kerukunan menjadi penting mengingat heterogenitas masyarakat di Inhu yang terdiri dari banyak suku dan agama. Kerukunan merupakan modal pemerintah dan masyarakat dalam menjalankan pembangunan mulai dari fisik hingga sumber daya manusia. 

"Perlu kita ketahui bahwa disini pembinaan keagamaan menjadi bagian penting dalam keberhasilan pembangunan. Kerukunan menjadi  kekuatan efektif bagi keberhasilan pembangunan baik materil maupun spritual," kata Bupati yang diwakili Plt Asisten Sekdakab Inhu Saiful Bahri dalam sambutannya dalam pelantikan Pengurus Lengkap PGPI Inhu, Senin (28/9/2020) di aula kantor Bupati Inhu. 

Para pengurus yang dilantik adalah ketua Pdt Franky Manintas, sekretaris Pdt Joni Napitupulu dan bendahara  Pdt Sibar Ginting. Mereka dilantik Ketua PGPI Riau Pdt Erikson Sitorus disaksikan Ketua FKUB Inhu Lasmi Ismail, perwakilan Polres Kabag Ren Kompol Amril, perwakilan PNS Kristen yang sehari-hari menjabat sebagai Inspektorat Inhu, Boyke Sitinjak hingga Pembimas Kristen Protestan Kandepag Riau Sabar Lambok Sihombing MPd. 

Keinginan pemerintah kabupaten Inhu itu sebelumnya sudah ditekadkan para pendeta yakni patuh dan membantu upaya pemerintah dalam pembangunan. "Kami akan langsung memberikan peran serta bagi pembangunan di Inhu yakni membangun moral masyarakat Inhu yang berasal dari umat Kristen dengan layanan bimbingan rohani. Kami juga akan membangun komunikasi yang intensif dan harmonis dengan semua pihak di Inhu yang berasal dari latar belakang yang berbeda," kata Ketua PGPI Inhu Franky Manintas. 

Hal yang sama dikatakan Ketua PGPI Riau, Erikson Sitorus. PGPI harus mendukung pemerintah. "Kita bisa melaksanakan pelantikan ini di sini berarti pemerintah memberikan dukungan. Saatnya kita ke depan memberikan dukungan pada pemerintah. Kepada rekan-rekan yang ada di sini agar jagalah kerukunan. Saya minta nanti beraudiensilah dengan bupati, dengan para pimpinan daerah lainnya hingga FKUB," katanya. 

Saat menyampaikan sambutan, Boyke menyebutkan percaya PGPI akan membawa damai, membawa terang. "Kami di pemerintahan tidak bisa berdiri sendiri tanpa sokongan dari bapak dan ibu sekalian. Doakan kami agar bisa menjadi garam dan terang dalam bersama-sama kita membangun Inhu," katanya.*** 

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index