Kapolres Inhu : Jangan Sombong Dengan Jabatan, Jangan Sakiti Masyarakat

Kapolres Inhu : Jangan Sombong Dengan Jabatan, Jangan Sakiti Masyarakat
Kapolres Inhu AKBP Efrizal S.IK sematkan tanda jabatan ketika Setijab Kasatres Narkoba Polres Inhu dan Kapolsek Kelayang

INHU - Singkat, padat dan penuh makna pesan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Indragiri Hulu (Inhu) AKBP Efrizal S.IK kepada pejabat Polri yang baru bertugas diwilayah hukum Polres Inhu.

"Jabatan boleh dijadikan kebanggaan, tapi jangan sombong dan jangan pula sakiti masyarakat," kata Kapolres Inhu dalam sambutannya ketika acara Serah Terima Jabatan (Setijab) Kepala Satuan Reserse (Kasatres) Narkoba Polres Inhu dan Kapolsek Kelayang  dihalaman Polres Inhu, Senin 28 September 2020 pagi.

Apel Sertijab itu dipimpin langsung oleh Kapolres Inhu dengan perwira upacara, Kasat Sabhara Polres Inhu, AKP Hendri S.Sos dan komandan upacara Kanit Tipidter Polres Inhu Ipda Bagariang.

Kasat Narkoba Polres Inhu yang lama, AKP Jaliper L Toruan S.AP akan menduduki jabatan baru sebagai Panit 1 Unit Subdit 2 Ditresnarkoba Polda Riau.
Sedangkan penggantinya adalah Iptu Aris Gunadi, S.IK, MH yang sebelumnya menjabat sebagai Kanit Idik 3 Satreskrim Polresta Pekanbaru.

Kemudian, Kapolsek Kelayang lama AKP Rinaldi Parlindungan, SH akan menjabat sebagai Kapolsek Sungai Sembilan Polres Dumai, dan digantikan oleh Iptu Obsen Samosir, SH sebelumnya menjabat sebagai Kaurbinopsnal Satlantas Polres Pelalawan.

Kapolres Inhu dalam sambutannya mengatakan, sebagaimana diketahui, tingginya peredaran narkoba diwlayah hukum Polres Inhu dibuktikan dengan banyaknya pelaku tindak pidana narkoba yang telah berhasil diungkap oleh Polres Inhu dan Polsek - Polsek jajaran. 

Dapat dipastikan, ada kaitan antara tindak pidana lain berhubungan dengan penyalahgunaan narkoba, artinya narkoba bisa menjadi sumber segala tindak pidana dan pelanggaran hukum lainnya.
Polri sebagai aparat penegak hukum yang mempunyai tugas pokok pelindung, pelayan, pengayom masyarakat, pemelihara ketertiban masyarakat dan penegakkan hukum dituntut untuk senantiasa mampu mengatasi setiap tindak pidana yang terjadi dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Kemudian, lanjut Kapolres, saat ini Polri khususnya Polres Inhu bersama sama dengan TNI dan Pemkab Inhu sedang melaksanakan Operasi Yustisi guna mencegah penyebaran Covid-19, karena dalam beberapa waktu belakangan ini peningkatan jumlah masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 diwilayah hukum Polres Inhu cukup tinggi.

Untuk itu, seluruh personel Polres Inhu agar dapat menerapkan standar protokol kesehatan seperti sering mencuci tangan, wajib menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan dimanapun berada dan hal ini harus disampaikan kepada keluarga besar Polri dan masyarakat yang ada dilingkungan masing-masing. 

Selain itu, Kabupaten Inhu juga sedang melaksanakan tahapan - tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), beberapa hari yang lalu baru saja dilaksanakan tahap penetapan nomor urut Paslon Cabup dan Cawabup Inhu. 
Situasi Pilkada dimasa Covid-19 ini menuntut semua pihak untuk menyesuaikan diri dengan protkoler kesehatan seperti larangan untuk berkumpul kumpul dan menjaga jarak (social distancing), tindakan tegas akan diberlakukan karena keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi. 

Diakhir sambutan, Kapolres mengucapkan atas nama pimpinan Polres Inhu beserta seluruh staf dan Bhayangkari mengucapkan terimakasih dan penghargaan setingi - tingginya kepada pejabat lama yaitu AKP Jaliper Lumban Toruan, S.AP dan AKP Rinaldi Parlindungan, SH yang selama menjabat diwilayah Polres Inhu atas dedikasi dan loyalitas serta kerjasama yang telah terjalin selama ini dengan baik. 

Kepada pejabat baru, selamat datang dan selamat atas kepercayaan yang diberikan pimpinan Polri untuk mengemban tugas baru dijajaran Polres Inhu. 
Kapolres yakin dengan bekal pengalaman yang telah dimiliki pada penugasan jabatan sebelumnya akan mampu melaksanakan tugas dengan baik sesuai harapan Polri dan harapan masyarakat Kabuapten Inhu. 

"Saya perintahkan segera menyesuaikan diri dilingkungan tugas yang baru dengan upaya meningkatkan dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, jadikan jabatan sebagai kebanggan namun perlu diingat jangan sombong serta jangan menyakiti hati masyarakat," tegas Kapolres.

Kegiatan Sertijab itu juga dihadiri oleh Waka Polres Inhu Kompol Zulfa Renaldo, S.IK, M.Si, para Kabag, Kasat, Kasi, Kapolsek dan personil Polres Inhu (ril)

Berita Lainnya

Index