Usai Konferensi,

Ketua PC Muslimat NU Inhu, Rezita Meylani Yopi Ziarah ke Makam Raja-raja Indragiri

Ketua PC Muslimat NU Inhu, Rezita Meylani Yopi Ziarah ke Makam Raja-raja Indragiri

INHU - Usai ditetapkan sebagai ketua terpilih Muslimat NU Inhu periode 2020-2025 dalam Konferensi Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama ke V Kabupaten Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi, SE bersama Ketua PW Muslimat NU Riau Dinawati , Katib Syuriyah NU Inhu Kiai Muhammad Jaenuri, Ketua Tahfidziyah NU Inhu Kiai Saerozi, dan PAC Muslimat NU se Inhu ziarah ke makam Raja-raja Indragiri di Desa Korta Lama, Kecamatan Rengat Barat, Senin 21 September 2020.

Menaiki bus, Ketua PC Muslimat NU Inhu terpilih Rezita Meylani Yopi dan rombongan dikawal secara langsung oleh Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) dan Barisan Ansor Sebaguna (Banser) Kabupaten Inhu.

Ziarah diawali ke makam Raja Narasinga II yang Bergelar Paduka Maulana Sri Sultan Alaudin Iskandarsyah Johan Zirullah Fil Alam (sultan kerajaan Indragiri ke-4). Kemudian dilanjutkan ke makam putranya yang bernama Usuluddin (Sultan Indragiri kelima), lalu makam Sultan Kesedangan Indragiri (Ahmad Alam Syaputra) yang diangkat menjadi Raja Ibadah, makam Datuk Bendahara Raja Usman Fadillah Mangku Bumi Indragiri yang pernah dinobatkan menjadi Sultan Indragiri ke-15, Makam Raja Muda Indragiri Pertama (Raja Bergombak), dan Makam Panglima Andi Sumpu Muhammad Jokce Besi yang merupakan panglima Narasinga II.

Ketua PC Muslimat NU Inhu, Rezita Meylani Yopi, SE mengatakan bahwa, tujuan ziarah makam selain mengenalkan jamaah kepada para Raja-raja Indragiri yang turut serta menjadi penyebar Agama Islam, juga sekaligus melepas kepenatan usai melaksanakan berbagai kegiatan.

"Kita harus mengenal siapa tokoh dan penyebar agama Islam terdahulu terutama di Indragiri Hulu, dan terus mendoakan. Sebab kita bisa seperti saat ini karena perjuangan beliau," ujar Rezita Meylani Yopi.

Usai ziarah, Ketua Muslimat NU Inhu dan rombongan makan siang bersama masyarakat Desa Kota Lama di objek wisata Danau Meduyan yang terletak persis didepan makam Raja-raja Indragiri. Selanjutnya kembali lagi ke Kantor Bupati Inhu di Pematang Reba. (Indah)





[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar