Ketua KONI Inhu Himbau Masyarakat Antisipasi Corona dengan Rutin Olahraga

Ketua KONI Inhu Himbau Masyarakat Antisipasi Corona dengan Rutin Olahraga
Ketua KONI Inhu, Bung Ando bersama Bupati Inhu, H. Yopi Arianto usai olahraga jogging

INHU - Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Indragiri Hulu, Supri Handayani, SE mengimbau masyarakat untuk tetap rutin berolahraga. Hal ini guna meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus antisipasi tertularnya virus corona atau COVID-19.

Pria yang akrab disapa Bung Ando ini mengungkapkan, olahraga dengan intensitas yang cukup sangat dianjurkan. Sebab, hal ini dapat menurunkan risiko terinfeksi virus corona. "Jika seseorang jarang berolahraga maka risiko terinfeksinya tinggi, sedangkan jika olahraga cukup, tingkat risiko terinfeksinya rendah," ujarnya.

Meski begitu, Bung Ando mengimbau agar menghindari olahraga dengan intensitas tinggi. Pasalnya, hal itu justru dapat meningkatkan risiko tertular COVID-19.

Adapun durasi ideal berolahraga, menurut Bung Ando, yaitu cukup dengan waktu 30 menit hingga satu jam. Apabila olahraga di atas satu jam, lanjut dia, justru akan membuat daya tahan tubuh menjadi lemah dan rentan. 

Alumni SMPN 4 Rengat ini juga tidak merekomendasikan menggunakan masker saat berolahraga. Hal itu dapat menghambat masuknya oksigen ke dalam tubuh.

"Oksigen itu kita dapatkan saat kita menghirup udara. Ketika kita menggunakan masker justru udaranya akan terhambat masuk ke dalam paru-paru," ujarnya.

Rutin berolahraga dengan intensitas cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya itu, olahraga juga menjadi salah satu faktor penting melawan dan mencegah virus corona.

"Virus corona ini self-limited disease jadi dia akan sembuh sendiri dengan daya tahan tubuh kita,” tegas bapak dari 3 anak ini.***

#Kesehatan

Index

Berita Lainnya

Index