Bawaslu Riau Lakukan Swab Test, Ini Alasannya

Istimewa

PEKANBARU - Untuk menjamin kesehatan dan keselamatan para pegawai, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau melakukan swab test di Aula Sekretariat Bawaslu Provinsi Riau Jalan Adi Sucipto No.284 Komplek Transito, Pekanbaru, pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB

Kegiatan ini juga dimaksud untuk memastikan seluruh personil Bawaslu Riau bebas Covid-19. Hal ini disampaikan oleh Ketua Bawaslu Provinsi Riau, Rusidi Rusdan dalam rilis yang diterima Riaukarya.com, Senin 14 September 2020.

"Pengawasan yang kami lakukan tidak hanya pengawasan elektoral sja, tetapi non elektoral. Maksudnya adalah pengwasan terhadap kesehatan dan keselamatan seluruh pimpinan, pejabat, dan staf di lingkungan Bawaslu Riau," kata Rusidi.

Rusidi mengatakan pelaksanaan swab test ini merujuk pada peraturan KPU (PKPU) nomor 6 Tahun 2020 yang diubah menjadi PKPU nomo 10 Tahun 2020 Pada pasal 2 ayat (2), menjelaskan bahwa pemilihan serentak lanjutan diselenggarakan dengan mengutamakan prinsip kesehatan dan keselamatan, yang berpedoman pada protokol kesehatan, pencegahan, dan pengendalian virus Covid-19.

Swab tesr Bawaslu Riau diikuti sebanyak 56 orang, yang terdiri dari 5 pimpinan Bawaslu Riau, 14 staf PNS, dan 37 staf PPNPNS/Honorer.

Pelaksanaan Swab di Bawaslu Riau dibantu oleh Satuan gugus tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau yang dipimpin oleh Puspa Riana, S.Si, Apt Kasi Pelayanan Klinis Upt Labkesling Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

Adapun hasil Swab akan diberikan kepada Bawaslu Riau setelah 3 hari pasca pelaksanaan yaitu pada tanggal 17 September 2020.

Rusidi berharap hasil pelaksanaan tes hari ini mendapatkan hasil negatif sehingga kerja-kerja pengawasan yang dilakukan Bawaslu Provinsi Riau, dapat berjalan sesuai dengan tahapan yang ada.

"Semoga hasil swab test saat ini, semua negatif. Jadi kami dapat bekerja dengan baik dan tenang, tetap dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada," tutupnya.





[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar