Lawan Corona, Mahasiswa KKN UNRI di Inhu Bagi-bagi Masker Gratis

Lawan Corona, Mahasiswa KKN UNRI di Inhu Bagi-bagi Masker Gratis

INHU - Angka kasus positif Covid-19 di Riau terus mengalami peningkatan. Dari keterangan Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliana Nazir, terjadi penambahan 106 kasus pada Kamis (3/9). Sehingga, total pasien yang terjangkit virus corona di Riau menjadi 2.136 orang.

Dari data tersebut, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tercatat memiliki 9 kasus positif virus corona. Adanya kasus positif virus corona di Kabupaten Inhu ini membuat keresahan sendiri bagi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Riau (Unri) 2020 di Kecamatan Sungai Lala. Menurut ketua kelompok KKN Unri Kecamatan Sungai Lala, Reynaldi Farid adanya pandemi Covid19 ini akan berdampak pada banyak kegiatan, seperti perniagaan dan pembelajaran. 

“Semakin meningkatnya angka korban covid-19 di Riau, terkhususnya di Kabupaten Inhu ini, sudah seharusnya kita semakin sadar untuk meningkatkan kewaspadaan dan mematuhi protokol kesehatan yang telah disampaikan pemerintah,” katanya saat dihubungi Riaukarya.com, Jumat 4 September 2020.

Reynaldi menyampaikan ia dan teman-teman KKN Unri 2020 di Kecamatan Sungai Lala telah melakukan berbagai kegiatan yang menyasar pada kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah memberikan masker gratis kepada masyarakat di pasar Sungai Lala, Kecamatan Sungai Lala, Kabupaten Inhu pada Sabtu (11/7) lalu. Reynaldi mengatakan pembagian masker tersebut dilakukan karena mereka masih mendapati masyarakat yang abai dalam penggunaan masker selama bertransaksi di pasar.

“Pembagian masker gratis ini sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 di pasar. Intensitas sosialisasi yang tinggi di pasar menjadi alasan mengapa pasar menjadi sasaran penting pembagian masker,” katanya

Kata Reynaldi,  kegiatan pembagian masker kepada pedagang pasar ini sebelumnya juga sudah dilakukan di beberapa pasar lainnya, seperti pasar Pasir Bongkal dan pasar Kelawat. Pembagian masker ini diadakan sebagai salah satu rangkaian KKN mahasiswa Universitas Riau dan bertujuan untuk terus mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan selama pandemi sesuai anjuran pemerintah.

“Kegiatan kami ini didampingi pihak pemerintah yang dalam hal ini adalah Camat Sungai Lala dan Kepala Desa Sungai Lala. Dengan adanya kegiatan pembagian masker kepada warga, kami berharap masyarakat dapat terus meningkatkan kesadaran dan kepatuhan dalam menjalankan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 ini, sehingga penularan wabah penyakit ini tidak terus berlanjut,” katanya.

Selain itu, Reynaldi mengatakan ia dan rekan-rekannya juga membantu dalam penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat. Kegiatan ini dilakukan dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan.

“Keikutsertaan kami dalam penyaluran BLT ini merupakan salah satu program KKN dari mahasiswa-mahasiswi yang sedang menjalankan KKN relawan di wilayah domisili masing masing. Jadi saya, Hari Wahyudi, Nadya Putri Ananta, dan Rezty Karina Virnandhita serta kelompok lainnya juga ikut serta membantu dalam proses penyaluran dana BLT kepada masyarakat,” tutupnya.

Berita Lainnya

Index