Bupati Inhu Yopi Arianto Resmikan Ponpes Darul Ulum di Desa Kampung Pulau

Bupati Inhu Yopi Arianto Resmikan Ponpes Darul Ulum di Desa Kampung Pulau

INHU - Bertepatan tahun baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah, Bupati Indragiri Hulu, H. Yopi Arianto, SE meresmikan berdirinya Pondok Pesantren Darul Ulum di Desa Kampung Pulau, Kecamatan Rengat, Kamis (20/8/2020).

Agenda peresmian ini menjadi rangkaian akhir dari sederet kegiatan Bupati Inhu H. Yopi Arianto tepat di 1 Muharram 1442 H.

Sekitar pukul 09.30 Wib, Bupati Yopi didampingi anggota DPRD Inhu Daniel Eka Perdana, Kepala BPKAD Ibrahim Alimin, Ketua KONI Supri Handayani, Ketua LAMR Inhu Marwan tiba dan disambut langsung oleh Pengasuh Ponpes Moh. Nasiruddin, Camat beserta pengurus Ponpes Darul Ulum.

Peresmian ini sekaligus menandai dimulainya pembelajaran tatap muka bagi santriwan dan santriwati Darul Ulum untuk tahun ajaran 2020/2021.

"Tidak menyangka, pada shalat Jum'at kemarin secara kebetulan bertemu di Masjid, Alhamdulillah hari ini Bapak Bupati H Yopi Arianto dapat menyempatkan hadir disini," tutur Pimpinan Ponpes H Moh. Nasiruddin dalam sambutannya pada tasyakuran yang digelar di Masjid Ponpes.

Secara khusus, Moh. Nasiruddin turut menyampaikan terima kasihnya kepada orang tua beliau, donatur serta para pengurus yang ikut berjuang dalam merealisasikan pembangunan Ponpes Darul Ulum.

Pembangunan Ponpes Darul Ulum, lanjut Moh. Nasiruddin dimulai pada 2018. "Alhamdulillah, saat ini jumlah santri yang terdaftar mencapai 130 santri," jelasnya.

Bupati Inhu H Yopi Arianto sendiri sangat mengapresiasi atas berdirinya Ponpes Darul Ulum. Bahkan, menurut Bupati hadirnya Ponpes Darul Ulum merupakan yang pertama ada di Kecamatan Rengat.

"Kalaulah ponpes ini berdiri sejak periode pertama kepemimpinan saya sebagai Bupati, saya yakin pasti Ponpes Darul Ulum saat ini sudah maju pesat," ujar Bupati Yopi.

Bupati memaparkan bahwa selama ini bersama Pemda, perhatian terus diberikan terhadap kemajuan pendidikan keagamaan di Inhu salah satunya Pondok Pesantren.

"Dan, hari ini sudah hampir di 14 kecamatan yang ada terbangun pondok pesantren," terangnya.

Keberadaan Ponpes Darul Ulum yang dibangun diantara areal lahan perkebunan itu, diyakininya juga akan memberi pengaruh pada kemajuan Kampung Pulau sendiri yang notabene wilayahnya berada di pinggiran Kota Rengat.

Karena itu, Bupati Yopi pun berpesan kepada para pengurus untuk berupaya menjaga kualitas agar keberadaan Ponpes Darul Ulum tetap eksis kedepannya.

Dalam kesempatan itu, secara pribadi Bupati Yopi turut menyerahkan bantuan uang tunai demi keberlanjutan proses pembangunan Ponpes Darul Ulum.

Bantuan Al - Qur'an juga ikut diberikan oleh Kementerian Agama Inhu.

Peresmian Ponpes Darul Ulum, ditandai dengan pemukulan bedug oleh Bupati H Yopi Arianto dilanjutkan dengan penanaman pohon kurma di areal ponpes.(azi)

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index