Pembangunan Tol Pekanbaru-Rengat Ditargetkan Jalan Pada September

Pembangunan Tol Pekanbaru-Rengat Ditargetkan Jalan Pada September
Sekda Riau, Yan Prana Jaya

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau menargetkan pembangunan tol Pekanbaru- Rengat sudah bisa dimulai pada September-Oktober 2020.

Sepanjang Agustus pemerintah akan fokus pada tahapan Penetapan Lokasi (Penlok). "Pada bulan ini diselesaikan dan dibulan September atau Oktober bisa mulai dibangun,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Riau Yan Prana, Senin (17/08/2020).

Dia menambahkan rencana pembangunan tol Pekanbaru rengat masuk dalam tiga titik rencana pembangunan tol baru di Riau. Diantaranya pembangunan tol jalur Pekanbaru-Bangkinang, Pekanbaru-Rengat dan Rengat-Jambi.

Ia menambahkan proses penetapan lokasi atau panlok nantinya akan dilakukan secara paralel dengan proses pembebasan lahan. Upaya ini memang sengaja dikebut agar pembangunan tol di Riau lebih cepat terealisasi.

"Untuk pembangunan tol Pekanbaru- Bangkinang merupakan rangkaian dari proses pembangunan tol Pekanbaru-Padang," ungkapnya.

Untuk diketahui proyek tol Pekanbaru-Padang memasuki tahap pembebasan lahan. Diawali dari ruas masuk di jalan Pekanbaru-Bangkinang km 29, Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tamban. 

Ruas tol Pekanbaru-Padang sepanjang 255 km yang akan terbagi dalam lima seksi ini, awalnya sudah di-groundbreaking pada 2017 lalu dari sisi Padang. 

Selanjutnya lima ruas jalan tol yang akan dikerjakan di Riau selain Pekanbaru-Dumai yang sudah tahap peresmian, adalah Pekanbaru-Padang. Dimulai pengerjaannya pada 2020. 

Kemudian juga ada ruas Pekanbaru-Rengat, Rengat-Jambi, dan Pekanbaru-Rantau Prapat. (mcr)

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index