Minggu Ini, Penetapan Lokasi Jalan Tol Pekanbaru-Rengat, Rengat-Jambi, dan Pekanbaru-Bangkinang

Minggu Ini, Penetapan Lokasi Jalan Tol Pekanbaru-Rengat, Rengat-Jambi, dan Pekanbaru-Bangkinang
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Yan Prana Jaya

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau, segera akan menetapkan penetapan lokasi (Penlok), pembangunan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang, termasuk penlok Pekanbaru-Rengat, dan Rengat-Jambi, pada minggu ini. Dimana Penlok ini akan menjadi dasar kelanjutan pembangunan tol Pekanbaru-Padang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Yan Prana Jaya, mengatakan, penlok Pekanbaru-Bangkinang dan Pekanbaru-Rengat, untuk tahap pertama ini segera dilakukan MoU dan sekaligus akan dilakukan sosialisasi ke masyarakat untuk penlok yang ditetapkan.

“Insya Allah segera akan dilakukan penlok tol Pekanbaru-Bangkinang, dan Rengat. Ini tahap pertama itu ada di Bangkinang masuk dalam tahap konsultasi publik. Mudah-mudahan berjalan lancar dalam penetapan Penlok ini,” ujar Sekda, Yan Prana Jaya, Senin (17/8).

Dijelaskan Sekda yang didampingi Asisten II Setdaprov Riau, Evarefita, setelah penetapan penlok dan sosialisasi ke masyarakat, barulah akan dibahas pembebasan lahan yang terkena pembangunan tol Pekanbaru-Padang. Untuk di Riau sendiri, masyarakat mendukung pembangunan tol Pekanbaru-Padang.

“Nanti tol nya dari Pekanbaru-Bangkinang, yang berada di jalan by pas Pekanbaru-Bangkinang depan RM Pak Abas itu, sudah dibangun sebagian, tembusnya di jembatan Kuok. Panjangnya sekitar 28 kilometer, untuk tol Pekanbaru-Bangkinang sepertinya pembebasan lahan lebih mudah, dan tidak ada lahan perusahaan hanya lahan masyarakat. Nanti itu tugas dari BPN,” kata Sekda.

“Untuk tol Pekanbaru-Rengat juga segera ditetapkan penloknya, pada bulan ini diselesaikan dan dibulan September atau Oktober bisa mulai dibangun. Tahap pertama dan tahap kedua Rengat Jambi juga ditetapkan penloknya,” tambah Sekda.

Untuk diketahui proyek tol Pekanbaru-Padang memasuki tahap pembebasan lahan. Diawali dari ruas masuk di jalan Pekanbaru-Bangkinang km 29, Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tamban. Ruas tol Pekanbaru-Padang sepanjang 255 km yang akan terbagi dalam lima seksi ini, awalnya sudah di-groundbreaking pada 2017 lalu dari sisi Padang. 

Selanjutnya lima ruas jalan tol yang akan dikerjakan di Riau selain Pekanbaru-Dumai yang sudah tahap peresmian, adalah Pekanbaru-Padang. Dimulai pengerjaannya pada 2020. Kemudian juga ada ruas Pekanbaru-Rengat, Rengat-Jambi, dan Pekanbaru-Rantau Prapat. (mcr)

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index