Kapolda Riau Resmikan "Jaga Pemilu", Ini Pesannya

Kapolda Riau Resmikan
Istimewa

Pekanbaru - Jaringan Pesepeda Keluarga Pengawas Pemilu (Jaga Pemilu) Provinsi Riau diresmikan oleh Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si. pada Jumat 14 Agustus 2020.

Dalam rilis yang diterima Riaukarya.com, persemian itu berlangsung pada pukul 07.30 WIB di Kantor Sekretariat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau di Jalan Adi Sucipto No 284 Komplek Transito, Pekanbaru. Kegitan diikuti kurang lebih 100 orang peserta sepeda dari unsur Kepolisian, Kejaksaan dan Peserta dari unsur Bawaslu Riau. Kegiatan diawali dengan penyampaian laporan oleh Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Riau, Gema Wahyu Adinata.

Menurut Gema, ada 3 lembaga penegak hukum pemilu yang dikoordinasikan untuk menerima laporan dugaan pelanggaran pemilu.

“Ada 3 lembaga penegak hukum dalam sebuah wadah yang kami beri nama Sentra Gakumdu. Di mana dalam Sentra Gakumdu, Bawaslu sebagai gerbang pertama dalam penerimaan dugaan laporan pelanggaran pemilu dibantu oleh kepolisian dan kejaksaan dalam mengkaji suatu pelanggaran. Maka dari itu, kegiatan seperti ini menjadi simulasi yang menciptakan soliditas dalam Sentra Gakumdu,” katanya.

Disampaikan Gema, dengan adanya lembaga tersebut, diharapkan pelaksanaan Pilkada 2020 di Provinsi Riau dapat berlangsung secara kondusif. Selain itu, ia juga berharap kedepannya angka pelanggaran pemilu di Provinsi Riau juga turun.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Provinsi Riau Rusidi Rusdan menjelaskan bahwa Jaringan Jaga Pemilu merupakan sebuah program Bawaslu RI untuk menjaga keamanan dalam Pilkada 2020 mendatang.

"Bertepatan dengan Supervisi Kapolda terhadap kesiapan Sentra Gakumdu Provinsi Riau, saya meminta agar bapak dapat meresmikan program Jaga Pemilu di Provinsi Riau yang merupakan sebuah program Bawaslu RI," katanya.

Sementara, dalam supervisinya, Kapolda Riau Agung Setya mengatakan bahwa untuk menciptakan kondisi yang kondusif pada dinamika pemilihan Tahun 2020, perlu kerja sama berbagai pihak.

"Sudah tugas dan kewajiban kita untuk menciptakan suasana kondusif pada pemilihan 2020. Hal ini dilakukan agar Pilkada dapat berjalan secara Luber Jurdil. Sehingga nantinya akan terpilih pemimpin-pemimpin daerah yang berkualitas," katanya.

Kapolda berharap seluruh pengawas pemilu Provinsi Riau nantinya tetap menjaga kesehatan dan dapat melaksanakan pengawasannya dengan memperhatikan protokol kesehatan.

"Semoga seluruh pengawas pemilu Provinsi Riau dapat menjaga kesehatannya dalam melaksanakan tugas-tugasnya dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah," katanya.

Untuk diketahui, dalam kesempatan tersebut Kapolda Riau juga mengajak Ketua Bawaslu Provinsi Riau Rusidi Rusdan untuk gowes bersama-sama dengan jajaran kepolisian dan komunitas sepeda lainnya. Perjalanan gowes menempuh jarak sejauh 20 km dengan titik keberangkatan awal dari Kantor Bawaslu Riau dan titik akhir di Danau Buatan Rumbai.

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index