BumDes dari Provinsi Jambi Merajut Kerjasama dengan BumDes Talang Jerinjing, Inhu

BumDes dari Provinsi Jambi Merajut Kerjasama dengan BumDes Talang Jerinjing, Inhu
Nampak Kades Talang Jerinjing, Edi Priyanto, ST sedang berdiskusi dengan tamu dari Bumdes dan kelompok tani kompos Jambi

INHU - Dua Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan tiga kelompok tani kompos dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi mengunjungi BumDes Berkah Mandiri Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, Rabu 22 Juli 2020.

Kepala Desa sekaligus Komisaris BumDes Berkah Mandiri Talang Jerinjing, Edi Priyanto, ST mengatakan kunjungan BumDes dan Kelompok Tani Kompos dari provinsi tetangga tersebut dalam rangka tindak lanjut rencana kerjasama terkait pengelolaan limbah Pabrik Kelapa Sawit.

Edi menceritakan, awalnya pihaknya pada tahun 2019 yang lalu belajar ke BumDes Mandiri Sejahtera Desa Purwodadi, kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi. Selanjutnya, hasil belajar tersebut diaplikasikan menjadi salah satu unit usaha di BumDes Berkah Mandiri Talang Jerinjing yang bekerjasama dengan PT Swakarsa Sawit Raya (SSR).

"Seiring berjalannya waktu, komunikasi terjalin dengan baik dan kebetulan bahan baku di Jambi kurang. Sedangkan bahan baku di Talang Jerinjing melimpah, akhirnya mereka berkunjung kesini dan berencana merajut kerjasama, dimana kami menjadi pemasok bahan baku bagi mereka," terangnya. 

Bapak dari dua anak ini menyampaikan, dalam awal pembangunannya, tentunya tidak terlepas dari bimbingan dari PT Swakarsa Sawit Raya (SSR) selaku mitra dari BumDes Berkah Mandiri. Dan unit usaha pengelolaan limbah jangkos ini ditargetkan dapat menyerap tenaga kerja dan meningkatkan pendapatan desa, yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Pabrik jangkos itu dibangun diatas lahan seluas 3,3 hektar sejak 14 Februari 2019 yang lalu. Dimana, dari luasan itu sekitar 1,3 hektare untuk pembangunan pengelolaan limbah jangkos dan 2 hektare rencananya untuk lahan kebun sawit dan tanaman lainnya sebagai percontohan.

"Alhamdulillah sudah berjalan secara manual, dan dengan adanya alat pengolahan limbah jangkos yang didanai dari Dana Desa, kedepannya produksi pupuk jangkos diharapkan akan semakin meningkat," ungkap Edi Priyanto.

Sementara itu, Sasmito selaku Direktur BumDes Mandiri Sejahtera Desa Purwodadi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi mengucapkan terimakasih kepada Kades Talang Jerinjing dan jajaran yang telah menyambut mereka dengan ramah dan sangat baik.

"Teriamakasih, kami disambut dengan baik, dan orang Talang Jerinjing sangat ramah," ujarnya.

Sasmito berharap semoga kedepannya kerjasama yang dibangun dengan BumDes Talang Jerinjing dapat berjalan sesuai harapan bersama.***

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index