Kunjungi Desa Tasik Juang, Rezita Meylani Yopi Borong Produk Bazar Kreasi Kader PKK

Kunjungi Desa Tasik Juang, Rezita Meylani Yopi Borong Produk Bazar Kreasi Kader PKK
Ketua TP PKK Inhu, Rezita Meylani Yopi, SE borong bazar hasil kreasi PKK Desa Tasik Juang

INHU - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Rezita Meylani Yopi, SE melaksanakan kunjungan dinas ke Desa Tasik Juang, Kecamatan Lubuk Batu Jaya dengan menggunakan protokol kesehatan, Rabu 15 Juli 2020.

Di Desa Tasik Juang, Rezita Meylani Yopi merajut silaturahmi dengan kader PKK dan masyarakat dari berbagai kalangan.

Dalam kunjungan itu, istri Bupati Inhu ini meninjau bazar hasil kreasi dari PKK  dan masyarakat Desa Tasik Juang, seperti, sayuran, makanan tradisional, makanan siap saji, jamu tradisional, pakaian, dan lain-lain.

Pada kesempatan tersebut, Rezita memborong produk-produk yang dijual  di bazar dan sebagian besar produk yang diborong itu dibagikan kepada warga yang berkunjung.

Dalam arahannya, Ketua PKK Inhu, Rezita Meylani Yopi mengucapkan selamat dan apresiasi atas keberhasilan PKK Desa Tasik Juang dalam menjalankan 10 program PKK, salah satunya tanaman obat keluarga (Toga) dan sayuran.

Menurutnya, tanaman obat atau apotik hidup tidaklah asing bagi masyarakat sekarang ini. Bahkan ia mendorong masyarakat dapat kembali menggunakan obat-obatan tradisional dan melestarikan tanaman obat keluarga.

“Untuk memiliki tanaman obat atau apotik hidup kita bisa manfaatkan sebagian tanah untuk ditanami tanaman obat-obatan, dan ini sangat berguna untuk keperluan keluarga kita nanti kedepannya,” tutur Rezita.

Obat-obatan tradisional ujarnya, dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Obat-obatan tradisional umumnya lebih aman karena bersifat alami  dan efek samping yang timbul lebih sedikit dibandingkan obat lain.

Tanaman obat ini lanjutnya, memiliki beragam jenis mulai dari bumbu-bumbu yang digunakan ibu-ibu memasak juga tanaman hias menjadi di pekarangan rumah, bahkan pohon dan rumput yang dapat digunakan sebagai obat. Tinggal bagaimana ibu-ibu PKK dan kader-kader Posyandu maupun masyarakat umum dapat mengetahui serta memanfaatkan dengan baik. Itulah sebabnya TP-PKK Kabupaten Inhu gencar menyampaikan terkait pemanfaatan pekarangan untuk tanaman obat, karena dipandang penting dan sangat baik.

Rezita pun berharap masyarakat dan para kader PKK Desa Tasik Juang dapat terus  bersinergi bersama-sama pemerintah dalam mengelola dan mengembangkan tanaman obat keluarga guna kebutuhan sehari-hari juga bisa menjadi sumber pendapatan ekonomi masyarakat.

Tak lupa, Rezita juga mensosialisasikan new normal serta mengingatkan masyarakat agar senantiasa menggunakan masker dan mengedukasi agar rajin cuci tangan.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi rumah-rumah binaan yang menanam toga dan sayuran, lokasi pertama dirumah Ibu Aminah, kedua di rumah Ibu Caswinah, dan ketiga di rumah Ibu Indar.

Pada kesempatan itu, Ketua PKK Inhu diberi buah tangan berupa sayuran, pepaya madu, dan nangkadak (nangka cempedak) dan berkesempatan memetik secara langsung pare dan terong.

Selanjutnya, Rezita Meylani dan rombongan menjenguk Kepala Desa Tasik Juang yang sedang sakit di rumahnya.

"Kami doakan semoga Pak Kades diberi kesembuhan dan dapat beraktivitas seperti sedia kala," ucap Rezita dan di amini oleh rombongan yang hadir.

Turut hadir, Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Inhu Budi Santoso, sejumlah pengurus PKK Inhu, perwakilan Dinas PMD Inhu, Camat LBJ Triyatno beserta jajaran.(Indah)

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index