Kodim 0302/Inhu. Koramil 05/Peranap

Musim Panas Tim 06 Lakukan Rutinitas Patroli Karhutla Dan Sosialisasi

Musim Panas Tim 06 Lakukan Rutinitas Patroli Karhutla Dan Sosialisasi
Dantim 06 Serda Wahyu Liquisa Bersama Rombongan Patroli Di Wilayah Desa Pauranap

INHU - Lagi-lagi upaya mencegah Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali dilakukan oleh Tim 06 Sub Satgas Gabung Koramil 05/Peranap, Komandan Tim (Dantim) 06 Serda Wahyu Liquisa bersama rombongan telusuri Desa Pauranap untuk melakukan Patroli Karhutla dan gelar Sosialisasi himbauan mencegah Kebakaran hutan dan lahan, Jum'at 03 Juli 2020.

Dantim 06 Serda Wahyu Liquisa melaui Kopda Dian Susandi saat dikonfirmasi via Whatsappnya Jum'at 03/07 mengatakan kegiatan Patroli Karhutla guna untuk mengantisipasi terjadi Kebakaran hutan dan lahan, selama musim panas Tim 06 akan rutin lakukan Patroli setiap harinya didaerah rawan karhutla, menurutnya hal tersebut sebagai langkah awal untuk mengantisipasi Karhutla di Kabupaten Indragiri Hulu khusus di Kecamatan Peranap dan sekitarnya, selain melakukan Patroli dihari yang sama bersama rombongan juga lakukan Sosialisasi kepada masyarakat dan selama musim panas Ini kita akan selalu monitor ke daerah rawan Karhutla diwilayah Koramil 05/Peranap.

Lanjutnya Kopda Dian Susandi mengatakan Bencana Karhutla ialah merupakan tanggung jawab kita bersama mulai dari Pemerintah, TNI, Polri, dunia usaha dan masyarakat.

Akibat dampak kabut asap banyak menimbulkan hal negatif seperti terganggu aktivitas menimbulkan penyakit Demam, Batuk serta Infeksi saluran Pernapasan Akut (ISPA). 

Kopda Dian Susandi menjelaskan masyarakat yang membuka lahan agar tidak melakukan dengan cara membakar, pelaku membakar hutan dan lahan dapat dikenakan sanksi hukuman penjara maupun denda paling singkat Tiga tahun dan paling lama 10 tahun serta denda paling sedikit Rp.3000.000.000.00 (Tiga Miliyar Rupiah) dan paling banyak Rp.10.000.000.00 (Sepuluh miliyar Rupiah). 

Ditambahkan Danramil 05/Peranap Kapten Inf  Kadarisman menghimbau kepada masyarakat Kecamatan Peranap agar dapat Bahu membahu mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. 

"Lebih baik mencegah sebelum terjadi, bersama kita jaga kehijauan alam dan kelestarian hutan kalau tidak kita siapa lagi dan kalau bukan sekarang kapan lagi". tutup Danramil

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index