Diperlukan Dana 45 Juta untuk Pembangunan Boxculvert di Jalan Rawan Banjir Ini

Inilah kondisi jalan kabupaten, penghubung antara 2 desa yaitu desa Belimbing dan desa Penyaguan apabila banjir melanda

INHU - Jalan Kabupaten  penghubung antara Desa Belimbing dengan Desa Penyaguan di Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau, seringkali terjadi banjir apabila terjadi hujan deras ataupun dimusim penghujan tiba.

Akibatnya, jalan tersebut sering terputus dan sangat sulit sekali untuk dilalui kendaraan. Baik itu kendaraan roda 2 terlebih lagi kendara roda 4. Seperti baru-baru ini juga, jalan yang tepat berada di lingkungan RT 08/RW 04 Desa Belimbing ini, kembali terputus akibat banjir, sehingga masyarakat disana yang melintas terutama kendaraan pengangkut buah sawit sangat kesulitan.

"Namun saat ini, jalan tersebut sudah kita perbaiki dan tidak ada masalah lagi bagi kendaraan yang melintas diatasnya," ujar Kepala Desa Belimbing, Jamaris saat dikonfirmasi melalui telpon selulernya, Selasa (30/6).

Dijelaskan Kades, memang jalan kabupaten penghubung antara desa Belimbing dan Penyaguan tersebut sering dilanda banjir dan mengalami kerusakan yang cukup parah." Sudah tak terhitung berapa kali saja jalan tersebut mengalami kerusakan. Dan setiap kerusakan, kita selalu perbaiki dengan cara bergotong-royong," ucapnya.

Namun kali ini lanjut Kades, dilokasi tersebut akan kita bangun boxculvert guna antisipasi terjadinya lagi banjir. Dan pembangunan boxculvert tersebut tentunya memerlukan dana yang tidak sedikit.

" Diperlukan dana sekitar Rp45 juta untuk pembangunan boxculvert itu, dan Alhamdulillah dana tersebut saat ini sudah kita kumpulkan melalui swadaya dari perusahaan-perusahaan dan para taokeh sawit yang ada diwilayah 2 desa," tambahnya lagi.

Dan pembangunan boxculvert tersebut tidak akan lama lagi dikerjakan. Untuk pembangunan ditempat itu jelas kades, memerlukan 2 buah boxculvert dengan ukuran sebuah boxculvert panjang 2 meter, lebar 2 meter dan tinggi 2 meter juga.

" Dengan harapan, apabila boxculvert sudah dibangun apabila terjadi lagi banjir nantinya, tidak ada lagi air yang menggenangi jalan tersebut. Otomatis perjalananpun menjadi lancar dan nyaman," terang kades.

Dalam hal ini, Kades Jamaris atas nama pribadi dan pemerintahan desa menghaturkan terimakasih kepada Perusahaan dan Taokeh sawit yang telah membantu demi pembangunan boxculvert diwilayah itu untuk kepentingan kita bersama.(shp)





[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar